Mohon tunggu...
Rio aji Saputra
Rio aji Saputra Mohon Tunggu... Editor - Karyawan swasta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk https://www.kompasiana.com//rioajisaputra2650/63d0a3f24addee50a43e4db2/kenali-gelaja-diabetes-sekarang-sebelum-terlambat lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

voli,bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kenali Gejala Diabetes Sekarang sebelum Terlambat

25 Januari 2023   10:37 Diperbarui: 25 Januari 2023   11:12 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Menjaga kadar gula darah tetap normal adalah kunci pengobatan dan pengelolaan diabetes secara efektif sekaligus menjadi langkah utama dalam mencegah diabetes.

Maka itu, mengetahui https://www.kompasiana.com//rioajisaputra2650/63d0a3f24addee50a43e4db2/kenali-gelaja-diabetes-sekarang-sebelum-terlambat kadar gula darah normal penting bagi masyarakat sebagai upaya menghindari risiko diabetes di kemudian hari.

Perubahan kadar gula darah memang dapat terjadi seiring waktu, biasanya dipicu oleh sejumlah faktor tertentu. Penyebab umum kadar gula darah naik antara lain dehidrasi, hormon, stres, penyakit tertentu, dan suhu ekstrem. Sementara penyebab kadar gula darah turun biasanya dikarenakan oleh pola makan tidak teratur (contoh: melewatkan waktu makan), serta adanya efek samping obat dan insulin.

Jika tidak dikontrol, kadar gula darah yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Gula darah tinggi akan menimbulkan keluhan pada tubuh seperti gangguan penglihatan, infeksi gigi dan gusi, masalah pencernaan, sering buang air kecil, hingga kerusakan saraf dan infeksi kronis pada kaki.

Begitu juga jika gula darah terlalu rendah, seseorang dapat mengalami gangguan irama jantung, sulit berkonsentrasi, tubuh gemetar, hilang keseimbangan, lemah, lesu, dan mudah lapar.

Mari terapkan pola hidup sehat untuk menunjang kadar gula darah normal dengan mulai dari rutin berolahraga, mengonsumsi makanan kaya nutrisi lengkap dan seimbang, hingga mengelola stres dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengecek darah rutin agar mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara lebih pasti.

Selalu konsultasikan ke dokter jika mengalami keluhan kesehatan, terutama jika kadar gula darah naik maupun turun secara drastis.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau dengan cara herbal, sedikit penjelasan tentang gula darah, sekarang aku mau cerita nih tentang kakek ku yang terkena diabetes.

kakek ku suka banget yang namanya makan makanan manis , suka ngopi, suka ngeteh ,kue ciklat dan masih banyak lagi, memang kalo masalah makanan manis kakek ku ngak ada tandinganya.

Tapi juga sangat berbahaya bagi kesehatanya . disering kayak gejala yang aku jelas kan yang kayak diatas tadi , tapi  setiap mau cek kedokter dia selalu engan atau menolakkatanya sih takut, yaudah deh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone