Mohon tunggu...
Ririn Anggraeni
Ririn Anggraeni Mohon Tunggu... Guru - Aku adalah hujan yang pernah jatuh dipelupuk matamu

If i coudn't be pretty, i decided i would be smart. -Keren

Selanjutnya

Tutup

Love

4 Cara Menghadapi Pasangan yang Overthinking

26 Januari 2023   04:30 Diperbarui: 26 Januari 2023   11:44 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Ketika sudah  memutuskan untuk bersama dengan seseorang tentunya kita harus menerima kekurangan dan kelebihan seseorang tersebut. Dalam suatu relationship tentunya akan ada banyak masalah  yang muncul. Tidak ada kisah cinta yang tidak berurai air mata. 

Dimana masalah-masalah ini merupakan bumbu-bumbu agar ikatan antara pasangan menjadi semakin kuat dan tidak membosankan. Salah satu masalah yang sering terjadi dalam suatu hubungan adalah overthinking. Dimana kita atau pun pasangan mempunyai pikiran atau pun prasangka  kurang baik terhadap pasangan kita yang bisa memicu pertengkaran. 

Biasanya overthinking ditandai dengan adanya perasaan insecure atau kurang percaya diri, minder sehingga menimbulkan  rasa cemburu yang berlebihan terhadap pasangan.  Nah, bagaimana jika pasangan mu seorang overthinker?

Yuk sobat Kompasiana kita cari tau apa saja  cara untuk  menghadapi pasangan yang suka overthinking dibawah ini :

1. Kenali akar masalah yang menjadi pemicu overthinking

Tidak mungkin tidak ada masalah yang mendasari pasangan kita menjadi overthinking. Seperti kata pepatah tidak akan ada asap, kalau tidak ada api. Jangan terlalu menyalahkan pasangan atas perasaan yang sedang dia rasakan. Berusaha lah untuk mengerti dan mengenali akar masalah yang menjadi pemicu overthinkingnya.

2. Komunikasi dan jadilah pendengar yang baik

Tak cukup mengenali masalah yang menjadi pemicu overthinkingnya kita juga perlu mengkomunikasikan dan mendengarkan apa sebenarnya yang menjadi kekhawatiran pasangan. 

Jangan sampai melakukan silent treatment kepasangan yang sedang dalam keadaan overthinking karena itu justru akan membuatnya semakin gelisah. 

3. Deep talk

Ini hampir sama dengan bahasan yang ke-2 ya. Cuma deep talk artinya berbicara dari hati ke hati. Sering-seringlah mengajak pasangan untuk berdiskusi. Berbicara dari hati kehati jangan biarkan pasangan merasa feeling lonely.  Buatlah pasanganmu mengerti dan yakinkan dia bahwa semuanya baik-baik saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone