Mohon tunggu...
rizki maulana
rizki maulana Mohon Tunggu... Editor - editor freelance

asal tasikmalaya bergerak di bidang videography dan menjadi mahasiswa di campus muhammadiyah bandung.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kisah Inspiratif Pebisnis Muda Asal Tasikmalaya

25 Januari 2023   14:50 Diperbarui: 25 Januari 2023   15:11 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

GINA PERMANA JAYA

Gina Permana Jaya adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang kontraktor asal kabupaten Tasikamalaya. Ia lahir di tasikmalaya, 4 november 1991. Orang-orang disekitar biasa memanggilnya gina atau yayang. 

Saat ini gina berusia 32 tahun dan memiliki dua orang anak. Anak pertamanya berumur 3 tahun dan anak kedua berusia 2 tahun. Usia gina,usia yang bisa dikatakan masih produktif semangatnya yang selalu berkobar-kobar untuk menjalankan usahanya. Ia di besarkan dari keluarga yang sangat berkecukupan. 

Dengan tekadnya, gina ingin merubah keadaan keluarganya yang selalu berkecukupan. Karena terkecukupannya itu, gina tidak bisa melanjutkan pendidikanya sampai S1. Gina tidak berkecil hati karena tidak bisa melanjutkan keperguruan tinggi seperti teman-temannya.

Awal karier gina bisa dikatakan kurang baik. Pada tahun 2007, ia hanya bisa menjadi pekerja di salah satu hotel tasikmalaya. Gina adalah orang yang memiliki mental bisnis yang sangat kuat, ia memberanikan diri membuka usaha cincau dan aromanis di mall asia plaza pertama kalinya. 

Pendapatan yang ia dapatkan pada waktu itu cukup untuk ia menabung membuka bisnis lainya. 1 tahun lamanya setelah ia memutuskan untuk membangun sebuah rumah makan masakan sunda ia bertekad sangat tinggi dan percaya apa yang dipilihnya tepat, hari demi hari terbangunlah sebuah rumah makan pada tahun 2010 yang dinamakan Saung Anyar berlokasi di dadaha tasikmalaya.

Pada usia 21 tahun ia mendapatkan reward menjadi pembisnis termuda di tasikmalaya dan seiring berjalanya waktu ia tidak lupa untuk membagikan Sebagian hartanya kepada Yayasan yang berada di tasikmalaya, namun pada tahun 2013 ia mengalami musibah yang tak terduga yaitu rumah makan yang didirikanya kebakaran, dari sanalah ekonomi keluarganya mulai menurun. 

Dengan usia yang bisa dibilang sangat muda ia terus mencoba untuk bangkit Kembali membuka usaha lainnya, tidak lama dari itu ia terpanggil menjadi manager di salah satu caffe ditasikmalaya, seiring berjalanya waktu gina memulai belajar mendalami usaha di bidang kontraktor dan interior namun pada saat itu virus yang melanda Indonesia menjadi sedikit hambatan untuk memulainya.

Pada tahun 2019 ia mencoba membuka usaha kecil-kecilan. Usaha gina yaitu membuat neon box,pagar besi, namun disaaat pandemic usahanya meningkat banyak orang orang yang menggunakan waktu pandemic untuk merenovasi tempat usaha mereka. 

Hari demi hari, bulan demi bulan usahanya meningkat dan berniat untuk lebih meningkat ke kontraktor, setelah berbincang dengan keluarga untuk memfocuskan usahanya gina mengajak adiknya untuk mengelola media sosial,branding dll dan akhirnya finally usahanya melesat dengan perusahaan yang Bernama CV.Wijata Team Work, pemabngunan yang sudah di bangun oleh Wijaya ini sangatlah cukup banyak yaitu rumah sakit yang berlokasi di tasikmalaya, beberapa coffeshop, tempat wisata di tasikmalaya, beberapa rumah di daerah jawa barat maupun di luar jawa

Hidup gina layak menjadi contoh. untuk meraih kesuksesan tak harus anak orang yang mampu. Dengan usaha dan kerja keras , kita pasti bisa mewujudkan apa keinginan kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone