Mohon tunggu...
Rizki Zakaria
Rizki Zakaria Mohon Tunggu... Guru - Pengajar Bahasa

Penghuni bumi dan penyuka angin

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Stempel Guru Hasan

25 Januari 2023   15:49 Diperbarui: 25 Januari 2023   16:11 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Di pedalaman yang jauh dari kota, kurang lebih jaraknya sekitar 300 km, terdapat sebuah desa kecil yang dihuni oleh suku asli. Di desa tersebut, tidak ada sekolah yang formal, sehingga anak-anak desa tersebut tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan. Namun, ada seorang guru yang berjuang untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak desa tersebut.

Guru itu bernama Pak Hasan. Dia adalah seorang guru yang berdedikasi dan bersemangat tinggi. Dia meninggalkan kenyamanan hidupnya di kota besar dan pindah ke desa tersebut dengan satu tujuan: untuk memberikan pendidikan yang layak kepada anak-anak desa.

Setiap hari, Pak Hasan berjalan kaki ke desa-desa di sekitar desa tersebut untuk mengajar anak-anak yang tidak memiliki kesempatan untuk belajar. Dia mengajar dari pagi hingga sore, dengan hanya istirahat makan siang sebentar. Dia tidak meminta bayaran apapun dari anak-anak atau orang tua mereka, karena dia tahu bahwa keluarga-keluarga di desa tersebut sangat miskin.

Anak-anak desa sangat menyukai Pak Hasan karena dia adalah guru yang pengertian dan sabar. Dia selalu memberikan contoh yang baik dan menjelaskan materi dengan cara yang mudah dipahami. Dia juga selalu memberikan dukungan dan dorongan kepada anak-anak untuk terus belajar dan berusaha.

Tahun demi tahun, anak-anak desa yang diajar oleh Pak Hasan mulai lulus dari sekolah dasar dan melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah. Beberapa dari mereka bahkan mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Hasan karena telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk meraih mimpi mereka.

Karena usahanya, desa tersebut mulai berubah menjadi desa yang lebih sejahtera. Anak-anak desa yang diajar oleh Pak Hasan mulai bekerja dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Mereka juga mulai membantu keluarga mereka dan membangun desa mereka.

Pak Hasan adalah seorang guru yang luar biasa. Dia tidak hanya memberikan pendidikan kepada anak-anak desa, tetapi juga memberikan harapan dan masa depan yang lebih baik bagi desa tersebut. Dia menjadi inspirasi bagi banyak orang di desa tersebut, karena dia menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan komitmen yang kuat, seseorang dapat membuat perubahan yang signifikan dalam hidup orang lain.

Semua orang di desa tersebut menganggap Pak Hasan sebagai seorang ayah bagi anak-anak desa. Dia selalu ada untuk memberikan nasihat dan dukungan, baik ketika anak-anak tersebut mengalami kesulitan dalam belajar atau ketika mereka mengalami masalah pribadi.

Setelah bertahun-tahun berjuang untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak desa, Pak Hasan akhirnya memutuskan untuk pensiun. Namun, dia tidak benar-benar pergi dari desa tersebut. Dia tetap tinggal di desa tersebut dan terus memberikan dukungan kepada anak-anak desa, meskipun dia tidak lagi mengajar secara formal.

Sampai hari ini, anak-anak desa masih mengingat Pak Hasan sebagai guru yang luar biasa yang telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk meraih mimpi mereka. Mereka selalu berterima kasih kepada beliau karena telah memberikan pendidikan yang layak dan membuat perubahan yang signifikan dalam hidup mereka. 

Mengapa Pak Hasan bisa melakukan seperti itu? karena Pak Hasan memiliki aset yang terus tumbuh sehingga bisa membiayai hidupnya bersama istri di pedalaman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone