Mohon tunggu...
Muhammad Rizky Hadi Saputro
Muhammad Rizky Hadi Saputro Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa

Hobi Travelling

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

KKN Untag Surabaya, Mengembangkan Usaha Sale Pisang Desa Plumbangan Blitar

20 Januari 2023   22:56 Diperbarui: 20 Januari 2023   23:38 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Blitar, 13 Januari 2023 - - Desa Plumbangan merupakan salah satu desa di kecamatan doko, kabupaten blitar, provinsi jawa timur. Desa Plumbangan dikenal juga sebagai desa dengan wisata yang berlimpah yaitu seperti wisata hutan jati walondo dan candi plumbangan serta UMKM yang banyak sekali diantara ada penjual Sale Pisang.

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya vitamin dan memiliki banyak manfaat. Walaupun mengandung vitamin dan protein tinggi, namun pisang mudah busuk. Untuk mencegah pembusukan dapat dilakukan pengolahan, misalnya dalam bentuk keripik, dodol, sale, minuman anggur, dan lain-lain.

Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas. Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungku).

Didesa Plumbangan, Pelaku UMKM yang telah menekuni dalam bidang pembuatan Sale Pisang yaitu Ibu Minten.

Rizky atau yang sering dipanggil Eng dengan teman-temennya mangatakan, kurangnya inovatif dalam memasarkan produknya agar lebih dikenal dimasyarakat. Maka salah satu permasalahan dalam pemasarannya ialah branding. untuk menarik minat pembeli, sehingga aspek lain perlu diperhatikan yaitu desain kemasan dari produk Sale Pisang. 

Rizky mengatakan bahwa tujuan melakukan desain packaging baru dan memberi nama yaitu Sale Pisang Khas Plumbangan dimana dalam produk tersebut diberi desain sticker memuat nama produk, komposisi, serta cara penyajiannya. nantinya akan memberikan sosialisasi dalam upaya branding produk sebagai strategi pemasaran kepada pelaku UMKM yaitu Ibu Minten.

" Dengan adanya kegiatan ini, yaitu pemberikan desain baru yang diberi sticker yang dibuat dapat memberikan nama produk tersebut lebih dikenal dan meningkat khususnya didesa plumbangan terlebih lagi diluar desa plumbangan bahkan sampai Nasional " Ucap Rizky.
Kegiatan yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Dr. Gustaf Naufal Febrianto Amd., SE., MM. Ini dilakukan secara langsung didesa Plumbangan, Blitar dan dilakukan selama 12 hari efektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone