Mohon tunggu...
RIZKY KURNIAWAN
RIZKY KURNIAWAN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Teknologi Pangan

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Mata Anda Lelah? Ini Solusinya

24 Januari 2023   15:30 Diperbarui: 24 Januari 2023   15:33 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mata lelah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti menatap layar komputer atau telepon seluler sepanjang hari, mengerjakan tugas yang memerlukan konsentrasi tinggi, atau mengalami kondisi medis seperti presbiopi. Untuk mencegah mata lelah, berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda ikuti:

Beristirahatlah secara teratur. Cobalah untuk mengambil istirahat sekitar 20-30 menit setiap 2 jam selama Anda bekerja di depan komputer atau telepon seluler.

Gunakan layar dengan pengaturan yang sesuai. Pastikan bahwa layar komputer atau telepon seluler Anda memiliki pengaturan cahaya yang sesuai dengan lingkungan Anda.

Gunakan kacamata pelindung. Kacamata pelindung yang dilengkapi dengan lensa anti-refleksi dapat membantu mengurangi cahaya yang masuk ke mata Anda dan mengurangi risiko mata lelah.

Jauhkan mata dari layar. Cobalah untuk menjauhkan mata dari layar selama 20-30 detik setiap 20-30 menit.

Pastikan cahaya yang cukup. Pastikan bahwa ruangan di mana Anda bekerja memiliki cahaya yang cukup sehingga Anda tidak perlu bekerja dalam kegelapan.

berolahraga secara teratur. Olahraga secara teratur dapat membantu mencegah mata lelah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

konsultasi dengan dokter mata jika Anda mengalami gejala mata lelah yang parah atau jika gejala tidak membaik setelah mengikuti saran pencegahan di atas.

Mata lelah adalah masalah yang umum dan dapat diatasi dengan mengikuti saran pencegahan yang tepat. Namun, jika Anda mengalami gejala yang parah atau jika gejala tidak membaik setelah mengikuti saran pencegahan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata Anda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone