Mohon tunggu...
Rizqon Mukhaddam
Rizqon Mukhaddam Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Husnudzon

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Rekomendasi Obat Batuk Berdahak yang Bisa Menjadi Acuan Ketika Membeli di Toko Obat

25 Januari 2023   18:00 Diperbarui: 25 Januari 2023   17:58 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Lagi batuk berdahak? Batuk berdahak bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika ingin sembuh lebih cepat, dapat meminum obat sesuai indikasinya. Seringkali, orang-orang mengalami batuk berdahak. Biasanya, batuk ini disebabkan oleh flu dan pilek. Namun, tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh bronkitis, pneumonia, bronkiektasis, dan lainnya. Hal ini juga perlu diperhatikan karena salah satu gejala dari covid-19.

Ada kelompok obat yang bekerja dengan mengencerkan dan mengendurkan dahak pada saluran pernapasan. Kelompok obat tersebut yaitu mukolitik dan ekspektoran. Adapun contoh kandungan yang bekerja dengan mukolitik yaitu acetylcisteine, carbocisteine, ambroxol, dan bromhexine.

Sedangkan kandungan yang bekerja dengan ekspektoran yaitu guaifenesin dan potassium iodide. Selain itu, ada juga bahan alaminya yaitu mentol dan madu.

Produk-produk obat batuk berdahak mempunyai kandungan yang bekerja dengan mukolitik dan ekspektoran yaitu bromhexine HCl dan guaifenesin.

Setelah dilakukan pengobatan tradisional yang tidak kunjung sembuh, dapat dicoba mengonsumsi obat batuk berdahak yang modern. Berikut adalah merek obat batuk berdahak yang terpilih dapat menjadi pilihan untuk mengobati batuk berdahak.

  • Woods Expectorant

Pada obat ini, mengandung bromhexine HCl yang bekerja dengan mukolitik (pengencer dahak) dan guaifenesin yang bekerja dengan ekspektoran (membantu mengeluarkan dahak).

  • Bisolvon Ekstra

Sama seperti Woods Expectorant, obat ini mengandung bromhexine HCl dan guaifenesin sehingga melengkapi dalam proses meredakan batuk dan pengeluarannya.

  • Siladex Mucolytic & Expectorant

Siladex Mucolytic & Expectorant adalah obat batuk berdahak yang mempunyai kandungan bromhexine HCl dan guaifenesin. Obat batuk ini tidak mengandung alkohol dan gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Obat batuk ini termasuk obat batuk terbaik karena ada kandungan ammonium chloride. Kandungan tersebut bekerja dengan cara ekspektoran sehingga mempermudah pengeluaran dahaknya. Selain itu, obat batuk ini juga dapat membantu meredakan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

  • Komix OBH

Seringkali, batuk berdahak bersamaan dengan gejala pilek seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin. Ketika didapati gejala tersebut juga, komix OBH menjadi solusi yang tepat karena obat batuk ini dapat menghangatkan tenggorokan.

Obat batuk berdahak ini mengandung guaifenesin yang ekspektoran sehingga mempermudah keluarnya dahak. Selain itu, komix OBH juga dapat sebagai dekongestan hidung dan anti histamin untuk mengobati hidung tersumbat dan bersin-bersin.

  • Bodrex Flu dan Batuk Berdahak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone