Mohon tunggu...
Rumah Tahanan Negara Masohi
Rumah Tahanan Negara Masohi Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Akun Resmi Rumah Tahanan Negara Masohi dikelola oleh tim humas

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Masohi adalah Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum Dan HAM RI

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Maksimalkan Perawatan Warga Binaan, Rutan Masohi Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Maluku Tengah

25 Januari 2023   18:04 Diperbarui: 25 Januari 2023   18:07 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Masohi Kanwil Kemenkumham Maluku melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (25/1). Kepala Rutan Masohi, Yusuf Mukharom dan petugas kesehatan melakukan koordinasi Perolehan Sertifikat Laik Higiene Dapur dan Izin Klinik Rutan Masohi.

Karutan Masohi menjelaskan bahwa perolehan kedua izin tersebut dibutuhkan untuk mendapatkan legalitas dalam memberikan pelayanan kepada Warga binaan. Selain hak integrasi, Warga binaan diwajibkan untuk mendapatkan hak perawatan yaitu makanan yang layak dan pelayanan kesehatan.

"Walau kami sudah melakukan pengawasan terhadap kebersihan bahan makanan, tetapi tetap saja membutuhkan legalitas dari pihak terkait untuk dapat dipastikan kebersihannya melalui sertifikat Laik Higiene," ujar Yusuf.

Untuk pengurusan izin klinik, saat ini sudah ada Dokter yang bertugas di Rutan Masohi sehingga adanya izin klinik dapat memberikan pelayanan kesehatan yang semakin baik. "Terlebih seluruh petugas kesehatan kami sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dokter maupun perawat yang dapat menunjang pemberian pelayanan kesehatan kepada Warga binaan," tambah Karutan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Maluku Tengah, Dr. Ursula Surjastuti menyambut baik koordinasi yang dilakukan oleh Rutan Masohi. "Pengurusan dapat diawali dengan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat laik higiene dan izin klinik," jelasnya.

"Kami akan memenuhi persyaratan tersebut. Semoga dengan koordinasi ini hubungan kerjasama antar Rutan Masohi dan Dinas Kesehatan dapat berjalan dengan lebih baik," tutup Yusuf.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone