Mohon tunggu...
Rutan Pasangkayu
Rutan Pasangkayu Mohon Tunggu... Lainnya - Rutan Kelas IIB Pasangkayu

Akun Resmi Rutan Kelas IIB Pasangkayu Sulawesi Barat #KumhamSulbar #KanwilKemenkumhamSulbar #KemenkumhamSemakinPasti #KamiPasti #RutanPasangkayu #Rupaska #RutanKelasIIBPasangkayu

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Salah Satu Upaya Deteksi Dini, Rutan Pasangkayu Gelar Pemeriksaan Kesehatan kepada Tahanan Baru

26 Januari 2023   11:38 Diperbarui: 26 Januari 2023   11:44 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pasangkayu Lakukan Skrining dan Tes Kesehatan Kepada Tahanan Baru. Foto: Rutan Pasangkayu/dok (26/01) 

Pasangkayu - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pasangkayu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat kembali kedatangan tahanan baru, kali ini dari Kejaksaan Negeri Pasangkayu. Seperti biasa, Rutan Pasangkayu memberlakukan skrining kesehatan bagi tahanan yang baru berupa skrinning/pemeriksaan di Poliklinik Rutan Pasangkayu.

Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kepada tahanan baru yaitu berupa Fisik, Skrining Kesehatan Jiwa/Mental dan Rapid HIV Test. Skrining kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan tahanan baru dan mendeteksi jika ada riwayat penyakit.

Kegiatan pemeriksaan awal ini merupakan tindakan pencegahan semisal ada tahanan baru yang membawa penyakit menular sehingga tahanan yang menderita penyakit tersebut segera mendapatkan perhatian dan pengobatan khusus maka tidak sampai terjadi penularan massal kepada tahanan dan warga binaan laiinnya.

Dokter Rutan Pasangkayu, dr. Riri Neliwati mengungkapkan selain dilakukan skrining kesehatan, tahanan baru diberikan pengarahan dan sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Alur Pelayanan kesehatan Rutan Pasangkayu. Salah satunya, apabila ada WBP yang sakit maka penghuni lain bisa segera melaporkan ke petugas jaga atau komandan jaga untuk menghubungi petugas kesehatan.

"Kita disini bekerja dalam satu tim, dokter, perawat dan tim kesehatan lainnya bahumembahu melayani warga binaan terkait dengan masalah kesehatan yang mereka alami, kalau memang sakitnya tidak bisa kita tanggulangi, maka tim medis melalui dokter akan melapokan kepada atasan kami untuk dapatnya bisa merujuk warga binaan tersebut ke rumah sakit rujukan," ujar Riri.

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pasangkayu Lakukan Skrining dan Tes Kesehatan Kepada Tahanan Baru. Foto: Rutan Pasangkayu/dok (26/01) 
Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pasangkayu Lakukan Skrining dan Tes Kesehatan Kepada Tahanan Baru. Foto: Rutan Pasangkayu/dok (26/01) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone