Mohon tunggu...
Ruth Elizabeth
Ruth Elizabeth Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

How To Be Strong Independent Woman

21 November 2022   10:37 Diperbarui: 21 November 2022   11:19 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Surabaya. Sumber ilustrasi: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Gambaran Fenomena

Independent woman adalah perempuan yang melakukan banyak hal secara mandiri atau dapat melakukan segala sesuatu secara mandiri. Masyarakat tidak menerima gagasan bahwa perempuan lebih lemah dan lebih bergantung pada laki-laki, juga tidak menghalangi perempuan untuk mengejar karir yang lebih baik dan mendapatkan penghasilan sendiri dari pekerjaan mereka. Pendapat ini kemudian di patahkan dengan adanya bukti bahwa perempuan lebih mandiri daripada laki-laki. 

Namun masih banyak masyarakat yang tidak menerima bukti tersebut karena masih mengikuti sistem patriarki dimana laki-laki lebih mendominasi perusahaan, bahkan perempuan juga mampu bahkan berpotensi untuk menjadi pemimpin perusahaan. Itulah mengapa masih banyak wanita yang dianggap lemah dalam bahasa jawa, dimana wanita biasanya hanya bisa melakukan pekerjaan ringan yaitu "macak, masak, manak". 

Angela Herlina Tanoesoedibjo tidak menerima istilah tersebut karena memiliki pendapat sendiri tentang perempuan mandiri. Menurut Angela Tanoesoedibjo, independent woman adalah perempuan yang percaya pada dirinya sendiri, yang melakukan sesuatu sesuai dengan pilihan hidupnya dan percaya bahwa pilihannya adalah yang terbaik, tanpa penyesalan.

Tidak hanya Angela Tanoesoedibjo yang tidak setuju dengan ungkapan "macak, masak, manak", Najwa Shihab juga tidak setuju dengan ungkapan tersebut karena menurutnya perempuan memang memiliki pekerjaan ketika memasak di rumah, mengurus anak, dan lain-lain. 

Najwa Shihab adalah seorang jurnalis dan aktivis yang selalu hadir di televisi melalui acaranya Mata Najwa. Mata Najwa adalah acara bincang-bincang komunitas populer di mana dia secara terbuka menyelidiki kasus tersebut dan berani menantang pendapat bintang tamu. Karena keberaniannya, Najwa Shihab dianggap sebagai jurnalis dan aktivis yang piawai dalam melontarkan pertanyaan-pertanyaan kritis kepada para bintang tamu, yang terkadang menyulitkan lawan bicara, bahkan membingungkan jawabannya. Masyarakat melihat dalam diri perempuan mandiri keberanian untuk mengungkapkan pendapat dan berpikir kritis.

Konsep Teoritis

Pada tahun 2012, Angela Tanoesoedibjo menjadi Co-CEO MNC Channel, dimana karir Angela Tanoesoedibjo dimulai. Beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Media Nusantara Citra (MNC), Wakil Direktur RCTI dan GTV. Pada tahun 2018 diangkat sebagai CEO RCTI dan GTV. Belakangan ia masuk politik karena memiliki keberanian dan percaya diri. Memasuki dunia politik pada 2019, ia langsung mencalonkan diri sebagai legislatif Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Di partai itu, Angela Tanoesoedibjo menjabat Wakil Sekjen Perindo, bersama Ahmad Rofiq, Sekjen saat itu. Angela Tanoesoedibjo juga mengalami kegagalan dalam hidupnya, termasuk saat mencalonkan diri di parlemen dengan total 30.707 suara. 

Tidak hanya Angela Tanoesoedibjo yang membantah perempuan itu lemah, namun Najwa Shihab juga membantah pernyataan tersebut karena menurutnya perempuan jauh lebih mandiri dibandingkan laki-laki. Menurutnya, perempuan bisa bekerja di mana saja, bisa melakukan pekerjaan apa saja yang biasa dilakukan laki-laki. Contohnya seperti mengangkat benda berat (galon, beras, dll), pekerja bangunan, dan lain-lain. 

Najwa Shihab adalah seorang jurnalis dan aktivis yang selalu hadir di televisi melalui acaranya Mata Najwa. Mata Najwa adalah acara bincang-bincang komunitas populer di mana dia secara terbuka menyelidiki kasus tersebut dan berani menantang pendapat bintang tamu. Karena keberaniannya, Najwa Shihab dianggap sebagai jurnalis dan aktivis yang piawai dalam memberikan pertanyaan-pertanyaan kritis kepada para bintang tamu, yang terkadang menyulitkan lawan bicara, bahkan jawabannya berbelit.

Cara menjadi independent woman adalah dengan melakukan hal-hal kecil di rumah, membesarkan orang tua yang baik agar anak tumbuh dengan baik dan mendapatkan kepercayaan diri. Seperti yang dikatakan Angela Tanoesoedibjo, perempuan mandiri harus percaya diri dan yakin akan suatu hal tanpa penyesalan. Pendapat Angela Tanoesoedibjo dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan keyakinan diri dan tekad yang kuat segala sesuatu yang direncanakan dapat terjadi, sekalipun segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dan seribu takdir pasti akan menemui kegagalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone