Mohon tunggu...
Ryan Aryasatya
Ryan Aryasatya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

ISI Surakarta Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Seni

Tari Remo sebagai Pembukaan dalam Acara Pernikahan?

20 Januari 2023   17:17 Diperbarui: 20 Januari 2023   18:09 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Adat istiadat adalah hal yang tidak akan pernah luput dari sebuah budaya. Adat istiadat itu sendiri pun juga sebuah budaya yang harus kita lestarikan. Sebagai generasi muda di Indonesia dan di manca negara manapun, sudah selayaknya dan sepantasnya untuk kita mengapresiasi budaya yang bangsa kita punya. Banyak sekali adat istiadat yang bangsa di bumi ini punya, terlebih Indonesia ini sendiri. Indonesia terdiri dari beragam budaya, bangsa, adat istiadat dan banyak hal lainnya yang menjadikan bangsa Indonesia unik dalam beragam di dalam bangsa ini sendiri. 

Kali ini, mari kita kupas lebih dalam mengenai salah satu budaya bangsa kita yaitu kebudayaan “Tari Remo”Tari Remo adalah tarian tradisional yang berasal dari Jawa Timur, Indonesia. Tarian ini biasanya dipertunjukkan dalam acara-acara adat atau perayaan di kalangan masyarakat Jawa Timur. Tarian ini dipentaskan secara perseorangan ataupun secara berkelompok yang mempunyai tujuan untuk menyambut tamu-tamu yang datang ke sebuah acara tertentu.

Sebagai generasi muda, kita kadang mulai melupakan adat istiadat dan warisan tradisi yang bangsa ini punya. Keresahan ini dirasakan oleh segelintir masyarakat di Surabaya yang sama sama mempunyai keresahan akan kesadaran terhadap warisan budaya yang perlahan demi perlahan dilupakan warga Indonesia khususnya warga di Surabaya.

Mustika Yuastina, nama perkumpulan segelintir masyarakat yang aktif dalam melestarikan budaya Jawa seperti tari tarian khususnya drama tari dan ludruk. Perkumpulan ini sudah berdiri diperkirakan semenjak 10 tahun lalu dan rutin menggelar Latihan pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Walaupun perkumpulan ini dominan dalam melestarikan budaya kesenian Jawa Timur, namun anggota dari perkumpulan ini sendiri datang dari berbagai daerah diluar Jawa Timur

Dalam kesempatan kali ini, saya berkesempatan untuk melihat langsung bagaimana proses persiapan mereka untuk tampil di sebuah acara pernikahan di Gedung VASA Hotel, tepatnya pada Minggu, 15 Januari 2023. Tari Remo yang akan ditampilkan pada hari itu bernama “Tari Remo Bolet”. 

Tari Remo Bolet ini sendiri adalah tarian khas dari Kabupaten Jombang yang berasal dari nama seoarang maestro tari kelahiran Sengon, Tawangsari. Tari Remo Bolet ini ditampilkan secara berkelompok. Tari Remo ini sendiri menceritakan tentang pertempuran antar pasukan. Adapun pendamping irama musik yang dimainkan dengan alat musik bernama “Karawitan” yang mengiringi jalannya tari remo bolet ini.

Dokpri
Dokpri
Kostum yang digunakan dalam pementasan Tari Remo Bolet ini sendiri memakai beberapa macam warna atribut. Untuk pementasan Tari Remo Bolet yang diselenggarakan pada hari pernikahan ini, menggunakan atribut Tari Remo yang dominan berwarna hitam dan putih dengan memakai udeng yang sedikit berbeda dari penampilan tari remo pada umumnya dikarenakan kriteria udeng yang harus dipakai adalah tipe udeng yang sedikit lebih tinggi dibanding umumnya dan dominan berwarna hitam, putih, dan hijau. 

Tak lupa dengan selendang berwarna merah yang wajib dipakai oleh penampil saat menampilkan Tari Remo itu sendiri. Disisi lain, penari memakai gongseng, yakni suara kerincing khas tari remo yang di pakai pada pergelangan kaki kanan.

Acara berlangsung megah dan meriah dengan pembukaan yang dibuka oleh pementasan tari remo bolet oleh perkumpulan Mustika Yuastina ini. Tampilan tari remo dalam pembukaan sebuah acara ini bagi saya meninggalkan kesan pembukaan acara yang meriah karena merasa tersambut oleh tari tarian di awal acara yang menjadikan perasaan tidak sabar untuk mengikuti seluruh rangkaian acara pada hari ini.

Penulis : Bonifacious Ryan Aryasatya - 221481035

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone