Mohon tunggu...
Salsabila Eka Setia Ningrum
Salsabila Eka Setia Ningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Malang

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Penyuluhan dan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Lingkungan MI Al-Ma'arif 05 Banjararum

26 Januari 2023   11:29 Diperbarui: 26 Januari 2023   11:43 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada 18/01/2023 - 19/01/2023 Mahasiswa/i KKM UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG memberikan Penyuluhan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di MI Al-Ma'arif V dusun Banjararum, kecamatan Singosari.

Kegiatan Penyuluhan ini diikuti oleh anak MI Kelas 1-6. Materi yang diberikan oleh mahasiswa KKM yaitu cara menggosok gigi dan cuci tangan yang baik dan benar.

PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) merupakan perilaku sehat yang dilakukan karena kesadaran pribadi. Sehingga dapat menolong diri sendiri, keluarga dan masyarakat pada bidang kesehatan. Tujuan utama dari PHBS (Perilaku Hidup bersih dan Sehat) adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui kesadaran diri sendiri dalam menjalani perilaku hidup bersih dan sehat yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sasaran penyuluhan PHBS ini adalah anak MI Al-Ma'arif V Banjararum, karena pengetahuan tentang PHBS perlu ditanamkan sejak dini agar mereka dapat menjaga kesehatan dan kebersihannya. Siswa/i MI Al-Ma'arif V Banjararum sangat antusias dalam mendengarkan materi penyuluhan PHBS mengenai menggosok gigi dan cuci tangan yang baik dan benar.

Kegiatan PHBS diawali dengan pemaparan materi tentang gigi, cara menggosok gigi yang benar selanjutnya yaitu pemaparan materi tentang cuci tangan yang baik dan benar. Materi yang diberikan oleh mahasiswa/i KKM menggunakan metode bernyanyi bersama siswa/i agar mereka lebih mudah memahami dan mengingat langkah-langkah nya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Kegiatan PHBS ini sangat didukung oleh kepala sekolah MI Al-Ma'arif V Banjararum yaitu ibu Qomariyah S.Pd.I, dengan harapan tidak ada lagi siswa/i nya yang mengeluh mengenai sakit gigi dan sakit perut, serta siswa/i mendapatkan tambahan ilmu baru yang mereka tidak dapatkan dikelas waktu pembelajaran.

Dengan adanya Penyuluhan mengenai PHBS ini diharapkan mampu menyadarkan siswa/i akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan masing-masing individu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone