Mohon tunggu...
Destawan
Destawan Mohon Tunggu... Buruh - Kurir

Bekerja tulus dan ikhlas

Selanjutnya

Tutup

Sosok

Punya Hubungan Erat dengan Kaum Marginal, Erick Thohir Cawapres Potensial

28 Desember 2022   20:51 Diperbarui: 28 Desember 2022   21:08 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosok Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Sebagai seorang kreator dan pengusaha, Erick Thohir tentu memiliki kedekatan dengan golongan menengah ke bawah. Erick juga banyak berkecimpung dalam dunia olahraga hingga seni budaya. 

Bukan cerita baru, nama Menteri BUMN Erick Thohir digadang-gadang digadang-gadang jadi kandidat Cawapres 2024. Selain punya prestasi, mantan Bos Internazionale Milan itu punya seabrek kapasitas yang mumpuni. Dekat dengan kaum marginal hingga para seniman.

Tapi di balik cerita-cerita itu, ada sejumlah catatan yang juga patut diuangkap. Bahwa Erick memang punya hubungan erat dengan kaum marginal. Apalagi sejak menjadi Menteri BUMN dan dipercaya menjadi Ketua Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Erick banyak terjun langsung ke akar rumput. 

Selain Presiden Jokowi, Erick memang punya peran besar dalam penanggulangan Covid-19 di tanah air. Sejak 2020, Erick dan Kementerian BUMN berkolaborasi dengan stakeholder menyalurkan bantuan serta pemulihan ekonomi rakyat. 

Pada 20 Mei 2020 misalnya. Bersama Telkom group, Erick membagikan 100.000 paket bantuan sosial dan donasi dari keluarga besar Telkom. Bertempat di Telkom Landmark Tower, Erick Thohir menyerahkan bantuan itu langsung kepada masyarakat, diikuti dengan penyerahan bantuan secara serentak di 7 lokasi kantor Telkom Regional, antara lain Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan dan Makassar. 

Ngurusi Covid-19 tak hanya sekadar memberikan bantuan sosial. Erick dan Kementerian BUMN melalui Biofarma juga memproduksi vaksin karya anak negeri sendiri. Vaksin yang diberi nama Indovac itu punya peran penting dalam membantu penanggulangan Covid-19 di dalam negeri. 

Bahkan Presiden Joko Widodo berpesan kepada Erick Thohir terus mendorong produsen dalam negeri, sehingga nantinya diharapkan dapat betul-betul menghasilkan sebuah revenue yang makin besar bagi negara indonesia, sehingga kemandirian dapat terwujud. 

Kedekatan Erick pada kaum marginal tak cuma pada catatan di situ. Etos kerjanya ternyata juga menular pada orang-orang yang menamakan diri mereka sebagai Relawan Erick Thohir Sahabat Indonesia (ETOS). 

Di Kalimantan Barat, ETOS menggelar aksi sosial pada 10 Agustus 2022 berupa pembagian makanan siap saji serta pakaian bagi para masyarakat di beberapa titik, yakni di kawasan Jalan Perdana, Jalan Tanjung Pura, dan Pelabuhan Seng Hie, Pontianak. 

Tapi, bukan Erick Thohir namanya bila tak mengajak generasi muda untuk tidak berpangku tangan dan ikut peduli dengan kondisi bangsa. Saat kunjungan ke Universitas Negeri Semarang beberapa waktu lalu, Erick terus mendorong secara maksimal munculnya talenta kreatif generasi muda. 

Menurut Erick, negara membutuhkan generasi muda untuk mengembangkan knowledge base economy sehingga akan lahir banyak inovasi yang dibutuhkan Indonesia untuk bersaing dengan negara lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone