Mohon tunggu...
Satya Can
Satya Can Mohon Tunggu... Mahasiswa - S-1 Fisika Universitas Negeri Surabaya

Tuban, Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Surabaya Pilihan

Con-Block (Paving Block) dari Sampah Plastik oleh Kelompok KKN-Proyek Desa Surabaya 2 Unesa

5 Januari 2023   11:42 Diperbarui: 5 Januari 2023   12:02 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Pelaksanaan Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Paving Block. Dokpri

Surabaya (30/10/2022) - Survei yang telah dilakukan oleh Kelompok KKN-Proyek Desa Surabaya 2 Unesa di Kelurahan Benowo pada akhir Agustus 2022 lalu menghasilkan titik temu bahwasanya diperlukan penanganan sampah khususnya sampah plastik di daerah Kelurahan Benowo. Sulit terurainya plastik semakin menghambat proses pembersihan secara cepat. Oleh karena itu, harus ada solusi untuk menangani sampah plastik di Kelurahan Benowo. 

Kelurahan Benowo memiliki pesona tersendiri dengan adanya wisata “Jurang Kuping”. Namun, Kelurahan Benowo belum bisa mengatasi permasalahan sampah plastik yang menumpuk sehingga menutupi pesona Kelurahan Benowo. “Wilayah Benowo ini merupakan salah satu TPA di Surabaya, namun masyarakat sekitar masih belum memiliki kesadaran untuk dapat mengolah sampah sehingga perlu pembenahan dan penanganan untuk mengatasi permasalahan akibat penumpukan sampah.” Ujar Bapak Iswan Arief, selaku Lurah Benowo. 

Melalui program KKN-T Unesa dengan tema Proyek Desa, mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Surabaya 2 memberikan sosialisasi dan pelatihan pengolahan sampah plastik menjadi paving block guna mengatasi permasalahan sampah plastik di Kelurahan Benowo. Sasaran kegiatan yang dituju adalah warga RW 2 termasuk Kader Surabaya Hebat (KSH).

Gambar 2. Proses Pembuatan Paving Block. Dokpri
Gambar 2. Proses Pembuatan Paving Block. Dokpri

Gambar 3. Paving Block yang Sudah Jadi. Dokpri
Gambar 3. Paving Block yang Sudah Jadi. Dokpri

Hasil dari program KKN-T ini yaitu warga kelurahan Benowo dapat berinovasi dengan mengolah sampah plastik menjadi paving block. Paving yang dihasilkan akan digunakan untuk jalan setapak dan hiasan di taman guna menambah pesona Kelurahan Benowo. Dari program ini juga, permasalahan sampah dapat teratasi sehingga Kelurahan Benowo menjadi Kelurahan yang bersih dan bebas dari sampah plastik. 

“Harapan saya, melalui kegiatan KKN-T ini dapat mengurangi tumpukan sampah plastik dan dapat meningkatkan mutu dari sampah yang selama ini selalu terabaikan. Sehingga tujuan menjadikan Kelurahan Benowo sebagai Kelurahan yang bersih dan bebas sampah plastik tercapai.” Ujar Chamim Alhaq selaku Ketua Kelompok KKN-T Surabaya 2 Unesa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone