Mohon tunggu...
Selviyani AInsani
Selviyani AInsani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga NIM: 22107030079

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Apakah Sebenarnya Skincare Hanya untuk Satu Gender?

18 Maret 2023   18:19 Diperbarui: 18 Maret 2023   18:22 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : vecteezy.com

Skincare memang kerap menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat beberapa tahun terakhir ini terutama pada kalangan perempuan. Tetapi ada tanggapan yang masih melekat pada masyarakat bahwa skincare hanya diperuntukan untuk perempuan sementara laki-laki tidak perlu memperhatikan hal ini. Keyakinan ini seringkali didasarkan pada penilaian yang sudah ketinggalan zaman dan kesalahpahaman bahwa laki-laki tidak boleh memedulikan penampilan mereka. Terlebih lagi produk skincare mayoritas ditunjukkan untuk perempuan, dan pemasarannya pun lebih banyak ditunjukan untuk perempuan. Lantas apakah skincare hanya untuk satu gender saja?

Dalam budaya kita perempuan memang dianggap lebih fokus pada penampilan dan kecantikan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya iklan dan kemasan pada perawatan kulit yang menampilkan warna feminim, kata-kata dan gambar yang ditunjukan cenderung untuk perempuan. Hal tersebut menimbulkan persepsi bahwa perawatan kulit hanya untuk perempuan sehingga banyak laki-laki merasa enggan dan tidak nyaman untuk memakai produk perawatan kulit. Alasan lain mengapa skincare hanya dipandang untuk perempuan yaitu dikarenakan kurangnya ketersediaan produk skincare untuk laki-laki. Hal ini mempersulit laki-laki untuk merawat kulit mereka, karena mereka tidak menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Namun, nyatanya setiap orang baik laki-laki ataupun perempuan perlu merawat kulitnya agar terlihat sehat dan terawat. Meskipun pada awalnya skincare lebih popular di kalangan perempuan, tetapi pandangan ini berubah, pada era modern semakin banyak laki-laki yang mulai peduli dengan penampilan dan mereka sadar akan pentingnya merawat kulit, mengapa demikian? Karena kulit merupakan organ terbesar kita yang memiliki banyak fungsi penting seperti membantu menjaga suhu tubuh dan juga melindungi tubuh dari kerusakakn kulit. Faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit seperti terkena paparan sinar matahari, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan polusi udara. Kerusakan kulit ini bisa berupa jerawat, yang terjadi ketika pori-pori pada kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati, jika jerawat meradang dan meninggalkan bekas merah ataupun hitam akan sulit dihilangkan. Selain itu terjadi juga bintik-bintik hitam atau hiperpigmentasi yang membuat kulit menjadi tidak bersih dan warna kulit menjadi tidak rata. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Kerusakan kulit juga dapat mengakibatkan keriput, keriput ini merupakan tanda penuaan yang terjadi pada kulit. Terakhir kerusakan kulit dapat juga mengakibatkan kulit menjadi kering hal ini dapat terjadi akibat cuaca yang dingin, atau dapat juga terjadi ketika memakai produk skincare yang tidak cocok sehingga mengakibatkan infeksi dan memperburuk kondisi pada kulit.

Pada dasarnya permasalahan kulit perempuan dan kulit laki-laki tidak terlalu berbeda seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak, kulit kusam, dan penuaan dini. Namun pada pemilihan skincare kita juga harus berhati-hati, terdapat beberapa produk skincare yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada wajah. Tetapi ada beberapa perbedaan dalam cara perawatan kulit perempuan dan laki-laki, apa saja perbedaan tersebut? Berikut penjelasanya. Pertama terdapat perbedaan hormon perempuan dan laki-laki karena hormon testosteron lebih banyak ditemukan pada laki-laki hal itu dapat membuat kulit laki-laki cenderung lebih tebal dan lebih berminyak dibanding kulit perempuan sehingga mereka membutuhkan produk skincare yang mengatasi masalah tersebut sedangkan pada perempuan lebih banyak ditemukan hormon estrogen yang memberikan efek positif pada kulit. Hormon ini juga membuat kulit menjadi kencang dan kenyal pada kulit perempuan. Kedua, kebiasaan sehari-hari juga dapat mempengaruhi perbedaan merawat kulit laki-laki dan perempuan.

Beberapa produk skincare juga bahkan sudah ada yang memperkenalkan produk khusus untuk laki-laki, seperti pembersih wajah, pelembab dan sunscreen, produk tersebut biasanya fokus pada kandungan dan tekstur untuk kondisi kulit laki-laki. Oleh karena itu tidak ada alasan mengapa laki-laki tidak diperbolehkan untuk memakai skincare.

Fungsi dan kegunaan skincare untuk perempuan dan laki-laki juga tidak jauh berbeda, karena setiap jenis kulit membutuhkan kelembapan, perlindungan dari sinar matahari, dan penangkal radikal bebas. Selain itu perawatan pada kulit juga membantu pada kesehatan kulit, dengan perawatan secara teratur dapat membantu mencegah penyakit kulit seperti kanker kulit contohnnya. Skincare juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dengan hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Kesimpulan dari artikel ini bahwa skincare tidak hanya untuk satu gender saja, laki-laki juga dapat merawat kulit mereka seperti halnya perempuan. Karena perawatan kulit penting bagi perempuan dan laki-laki. Karena dengan merawat kulit dapat membantu memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit serta meningkatkan kepercayaan diri. Oleh karena itu mulailah memperhatikan kesehatan kulit anda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone