Mohon tunggu...
shally anzilirrahmadani
shally anzilirrahmadani Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA UMM, FISIP ILMU KOMUNIKASI

army's indonesia

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Melejitnya Minat Jual-Beli PhotoCard di Kalangan Fans Kpop

18 Januari 2023   20:03 Diperbarui: 18 Januari 2023   20:04 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di era teknologi komunikasi dan globalisasi memberikan efek tumbuhnya suatu budaya-budaya baru yang disukai dan digemari oleh masyarakat. Salah satunya yaitu ada Budaya Populer. Saat ini contoh budaya populer yang paling banyak peminatnya adalah K-Pop atau Korean Pop yang di sebarkan melalui karya musik boygrup maupun girlgrup asal Korea Selatan. Menikmati karya musik mereka bisa melalui platform musik resmi contohnya seperti Spotify dan Joox, contoh lainnya yang berbentuk fisik adalah album di keluarkan oleh perusahaan sebagai sesuatu untuk daya tarik tersendiri di kalangan para fans Kpop. Album Kpop berbeda dengan album musik pada umumnya, album ini dilengkapi dengan photobook, photocard, poster, CD, dan sticker official bergambar grup idola.

 Membahas tentang PhotoCard, barang ini menjadi salah satu koleksi yang paling banyak diincar dan digemari oleh para fans Kpop, karena photocard pada album hanya mendapatkan 1 random photocard dengan gambar member grup idola yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan para fans yang terkadang tidak mendapatkan photocard sesuai bias mereka sedih dan menjual kembali atau bisa dengan menukar photocard bersama para fans lainnya yang ingin mendapatkan photocard sesuai member grup idola favorit mereka. Namun, ada pula Kpop Store yang dibuat oleh fans kpop sendiri untuk menjual photocard secara terpisah sebagai ladang bisnis mereka dalam hal mencari cuan dan memberikan harga cukup mahal. Bentuk PhotoCard mirip seperti KTP yang dilengkapi dengan gambar idola, biasanya dilaminasi glossy atau doff.

 Ada perbedaan harga pada PC album dan PC merchandise. PC album cenderung memiliki nilai harga yang tidak tetap karena didapatkan sebagai bonus dari album, dan album mempunyai waktu 1 bulan saja dalam masa penjualannya. Terkadang, perusahaan menyediakan kembali album yang telah habis terjual oleh para fans. Tetapi, waktunya tidak bisa di prediksi karena seringnya mengeluarkan merchandise maupun perilisan album baru. 

Beberapa PhotoCard ada yang dicetak terbatas atau limited edition. Hal ini menyebabkan harga PhotoCard yang bergambar member boygrup dan girlgroup mahal. Dengan adanya PhotoCard limited edition membuat para fans Kpop untuk berebut dalam mendapatkan PhotoCard sesuai member yang mereka suka. Misalnya PhotoCard Jungkook BTS Edition Golden Time yang di produksi terbatas dan terjual dengan harga fantastis hingga mencapai angka 40 juta.

Mengoleksi PhotoCard menjadi salah satu tren dikalangan penggemar Kpop, bahkan tanpa ragu membeli walaupun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Anggiona adalah salah satu penggemar BTS sekaligus collector PhotoCard BTS, mengatakan bahwa mengoleksi PhotoCard bisa memberikan rasa bahagia dan kepuasan tersendiri saat memilikinya.Tetapi, harus diingat bahwa yang berlebihan itu berbahaya. Jadi, kita sebagai penggemar sekaligus pengoleksi PhotoCard alangkah baiknya menjadikan hobi ini sewajarnya saja dan tidak merugikan orang lain. 

Banyak orang awam yang kurang mengetahui bahwa harga PhotoCard bisa mencapai jutaan karena bentuknya yang hanya seperti kertas biasa tanpa ada nilai jual. Padahal, jika ditelusuri PhotoCard menjadi ladang bisnis bagi para fans Kpop maupun orang yang tertarik dengan merchandise Kpop dan bisa menghasilkan untung yang cukup besar. Di era digital ini media sosial sangat berpengaruh dan menjadi faktor mendorong adanya perilaku konsumtif pada para penggemar. Dengan adanya media sosial memberi akses kemudahan dalam mendapatkan informasi baru yang terjadi mengenai suatu produk. Media sosial yang sering digunakan para penggemar Kpop untuk menyebarluaskan konten mengenai PhotoCardnya adalah TikTok dan Twitter yang membuat penggemar lainnya ingin membeli serta mengoleksinya.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone