Mohon tunggu...
sheiwyz 99
sheiwyz 99 Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Universitas Brawijaya

Give values and good impact are the purpose of my life. It intrigues me to create useful work in using digital platforms. I'm creative and passionate about running a business. As I learned at Universitas Brawijaya, with a major in Bisnis Digital & E-Commerce. I'm really looking forward to some collaborations, especially in Creative Industries, Marketing, Web Developer and Social Media Specialist. I'm also a public speaking enthusiast.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Rahasia Meningkatkan Traffic di Search Engine Google Cuma dengan Paham Search Intent!

24 Januari 2023   11:22 Diperbarui: 24 Januari 2023   11:36 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Google menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan hasil pencarian yang paling relevan untuk pengguna. Algoritma tersebut mengambil kira-kira beberapa faktor, termasuk search intent. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan kunjungan dari mesin pencarian, Anda harus memahami search intent dari pengguna dan menyediakan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Lalu, apa sih Search Intent itu?

Search intent adalah tujuan atau niat pengguna saat melakukan pencarian di mesin pencari. Ini bisa berupa informasi, navigasi, transaksi, atau lainnya. Mengetahui search intent sangat penting bagi pemilik situs web karena dapat membantu dalam menyusun konten dan strategi SEO yang tepat. Jika situs web cocok dengan search intent pengguna, itu akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian dan lebih mungkin untuk dikunjungi. Search intent juga dapat digunakan untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk dioptimalkan dalam strategi SEO.

Search intent memainkan peran penting dalam meningkatkan traffic dari search engine. Memahami apa yang diinginkan oleh user ketika mencari sesuatu di search engine tidaklah mudah. Namun, dengan membahas jenis-jenis search intent, Anda akan dapat mengetahui apa yang dimaksud oleh user saat melakukan penelusuran di search engine.

Ada empat jenis utama dari search intent yang dikenali oleh mesin pencari, yaitu:

  1. Informational

Search Intent Informational adalah jenis intent pencarian yang digunakan oleh user ketika ingin menemukan informasi atau jawaban atas pertanyaan yang dia punya. User yang menggunakan jenis intent ini biasanya tidak ingin melakukan transaksi atau membeli sesuatu, tetapi hanya ingin mencari jawaban atau informasi tentang topik tertentu. Contohnya, ketika user mencari "bagaimana cara membuat kue klepon", user tersebut mencari jawaban cara membuat kue klepon, bukan untuk membeli kue klepon.

Jika Anda ingin menarik user dengan search intent informational, pastikan konten yang dibuat dapat memberikan informasi yang lengkap dan bermanfaat. Konten yang dibuat harus dapat menjawab pertanyaan user secara detail dan mudah dipahami. Selain itu, konten yang dibuat harus dapat memberikan solusi atau jawaban yang sesuai dengan masalah yang ditanyakan oleh user.

  1. Transactional

Search Intent Transactional adalah jenis intent pencarian yang digunakan oleh user ketika ingin melakukan transaksi atau pemesanan. User yang menggunakan jenis intent ini biasanya sudah memiliki tujuan yang jelas, seperti ingin membeli produk atau jasa tertentu. Contohnya, ketika user mencari "beli sepatu fashion", user tersebut sudah memiliki niat untuk membeli sepatu fashion.

Jika Anda ingin menarik user dengan search intent transaktional, pastikan konten yang dibuat dapat memberikan informasi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Konten yang dibuat harus menyajikan informasi harga, kualitas, dan fitur produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, pastikan Anda menyediakan cara pemesanan atau pembayaran yang mudah dan aman.

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
    Lihat Entrepreneur Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone