Mohon tunggu...
Sisca Elfiyani
Sisca Elfiyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Pelebaran Jalan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

22 Januari 2023   07:59 Diperbarui: 22 Januari 2023   08:02 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Pelebaran jalan merupakan suatu proses memperluas jalan untuk mengurangi kemacetan dan untuk meningkatkan efektivitas waktu tempuh. Kemacetan di jalan merupakan kendala yang sering dihadapi dan dikeluhkan oleh masyarakat. Salah satu daerah yang akan melakukan pelebaran jalan adalah Desa Wonokerto. 

Desa Wonokerto merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Desa ini terkenal dengan masyarakatnya yang banyak dan sangat produktif. Banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat ini tentu mempengaruhi kemacetan di jalan dan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan masyarakat Wonokerto. 

Pada bulan Desember tepatnya tanggal 10-14 Desember 2022 pemerintah Desa Wonokerto memutuskan untuk melakukan pelebaran jalan. Pelebaran jalan ini dilakukan di sekitar jalan pasar Wonokerto. Jalan pasar Wonokerto sering kali terjadi kemacetan, bahkan setiap saat macet karena jalan ini merupakan jalan pintas menuju Kepanjen, Gondanlegi, dan Pagak, dan disekitar jalan ini dipakai untuk parkir masyarakat yang pergi ke pasar. 

Tak hanya satu atau dua orang yang melaporkan kendala kemacetan ini, melainkan hampir 50% masyarakat melaporkan kendala yang sama. Banyaknya laporan dari masyarakat membuat pemerintah turun tangan untuk segera memperlebar  jalan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kemacetan, meningkatkan efektivitas waktu tempuh, dan meningkatkan kinerja masyarakat. Sehingga kegiatan masyarakat bisa terlaksana dengan maksimal dan efektif.

" Menurut saya, keputusan pemerintah untuk memperlebar jalan ini merupakan keputusan yang sangat tepat, karena seperti yang kita ketahui bahwa di jalan pasar Wonokerto ini sering macet bahkan setiap saat macet. Jadi, pelebaran jalan ini tentu sangat tepat dan mampu mengatasi kendala masyarakat," ucap salah satu warga. Alur pelaporan untuk melaporkan kendala yang dihadapi yaitu dengan cara lapor ke ketua RT terlebih dahulu, yang nantinya ketua RT akan menyampaikannya ke ketua RW dan ketua RW akan melaporkan ke pemerintah desa. Jadi, apapun kendalanya jangan ragu untuk menyampaikan kepada pemerintah desa agar segala kendala yang dihadapi bisa terkoordinasi dengan baik demi kenyamanan masyarakat. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone