Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2022: πŸ’—Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. πŸ’— Buku Biru πŸ’—Pandemi vs Everybody πŸ’— Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: πŸ’—Kutemukan CintaMU πŸ’— Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita πŸ’—150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi πŸ’— Ruang Bernama Kenangan πŸ’— Biduk Asa Kayuh Cita πŸ’— 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. πŸ’—Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Sosok Pilihan

Elektabilitas Nama-nama Bakal Capres, Saya Sih Naksir 5 Tokoh Ini

26 Februari 2022   12:56 Diperbarui: 26 Februari 2022   13:02 488
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hasil survey litbang Kompas (sumber gambar: https://www.kompas.tv/article/264234)

Tetiba saya tertarik menuliskan pendapat dan pilihan saya tentang nama-nama bakal Calon Presiden 2024, meski pesta rakyat untuk memilihnya masih 2 tahun lagi.

Gaung dan semangat memilih calon terbaik untuk memimpin negeri ini telah santer diperbincangkan, baik kalangan emak-emak, bapak-bapak, para akademisi dan tentunya para politisi. Nah, apalagi para pembaca dan Kompasianer, dalam hati siapa tahu sudah mempersiapkan pilihannya.

Sebelum saya membaca artikel dari Kompas.com dan Kompas TVΒ melalui internet, secara tak sengaja, saya mengikuti berita dan pembahasannya melalui televisi. Senyum senang mewarnai wajah saya, karena beberapa tokoh yang disebut oleh pembaca berita adalah tokoh yang saya taksir menjadi pemimpin Indonesia.

***

Sebagai orang awam yang punya pemahaman secuil tentang dunia politik, saya mencari tahu terlebih dulu, apa sih Elektabilitas?

ElektabilitasΒ adalah tingkat keterpilihan atau ketertarikan publik dalam memilih sesuatu, baik itu seorang figur, lembaga atau partai, maupun barang dan jasa dimana informasi tersebut didapatkan dari hasil berbagai survei.

Secara bahasa istilah elektabilitas ialah hasil serapan dari Bahasa Inggris yaitu electability yang artinya keterpilihan.

Nah, bagi seorang figur, keterpilihan tersebut diantaranya karena dikenal baik oleh masyarakat luas, terbukti memiliki kinerja yang baik, memiliki prestasi di bidang tertentu, dan memiliki rekam jejak yang positif di bidangnya.

Namun ternyata, Elektabilitas itu berbeda lho dengan popularitas, meski keduanya saling terkait. Popularitas ialah tingkat keterkenalan suatu objek β€œbarang, jasa, seorang figur dan lembaga” di mata masyarakat sedangkan elektabilitas ialah tingkat keterpilihan objek yang dimaksud.

Jadi, meski seorang figur populer atau terkenal di masyarakat, tapi belum tentu memiliki tingkat keterpilihan untuk menjadi pejabat publik. Pun sebaliknya, seseorang yang punya elektabilitas mungkin saja tidak dipilih karena tidak populer di mata masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone