Mohon tunggu...
PT. Siven Teknologi Informasi
PT. Siven Teknologi Informasi Mohon Tunggu... Programmer - ERP Indonesia

Perusahaan IT di Kota Bandung, pengadaan jasa implementasi Sistem Informasi di Indonesia, memiliki product unggulan yaitu : Program ERP, Software RPA Rumah Potong Ayam, Software Penerbit, Software Textile, Software Manufacture, Software Manufaktur, Software Distributor, Software Trading

Selanjutnya

Tutup

Financial

Lakukan Analisa Sebelum Implementasi ERP

24 Januari 2023   15:05 Diperbarui: 26 Januari 2023   09:58 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Beberapa hal yang harus dianalisa oleh perusahaan sebelum melakukan implementasi ERP (Enterprise Resource Planning):

1. Analisis Bisnis: Memastikan bahwa sistem ERP yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

  • Analisis proses bisnis: melakukan analisis terhadap proses bisnis saat ini untuk menentukan bagian mana yang dapat dioptimalkan dengan menggunakan sistem ERP. Contohnya, melakukan analisis terhadap proses pembelian, proses produksi, dan proses penjualan.
  • Analisis kebutuhan bisnis: melakukan analisis terhadap kebutuhan bisnis saat ini dan kebutuhan bisnis di masa depan untuk menentukan fitur-fitur yang harus disediakan oleh sistem ERP. Contohnya, kebutuhan untuk melakukan integrasi dengan sistem lain, kebutuhan untuk mengelola data konsumen, dan kebutuhan untuk mengelola data produk.
  • Analisis tujuan bisnis: melakukan analisis terhadap tujuan bisnis saat ini dan tujuan bisnis di masa depan untuk menentukan bagaimana sistem ERP dapat membantu mencapai tujuan tersebut. Contohnya, tujuan untuk meningkatkan efisiensi, tujuan untuk meningkatkan laporan keuangan, dan tujuan untuk meningkatkan pengiriman produk kepada pelanggan.

2. Analisis Teknis: Memastikan bahwa infrastruktur teknologi perusahaan cukup untuk menjalankan sistem ERP.

  • Analisis infrastruktur teknologi: melakukan analisis terhadap infrastruktur teknologi saat ini untuk menentukan apakah infrastruktur tersebut cukup untuk menjalankan sistem ERP. Contohnya, mengecek spesifikasi komputer, jaringan, dan sistem operasi yang digunakan saat ini.
  • Analisis kebutuhan kapasitas: melakukan analisis terhadap kebutuhan kapasitas sistem saat ini dan di masa depan untuk menentukan apakah kapasitas yang ada cukup untuk menjalankan sistem ERP. Contohnya, mengecek kapasitas penyimpanan data, kapasitas prosesor, dan kapasitas memori.
  • Analisis kompatibilitas: melakukan analisis terhadap sistem yang ada saat ini untuk menentukan apakah sistem ERP yang akan digunakan kompatibel dengan sistem yang ada. Contohnya, mengecek apakah sistem ERP yang akan digunakan kompatibel dengan sistem CRM yang digunakan saat ini, atau apakah sistem ERP yang akan digunakan kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan saat ini.
  • Analisis keamanan: melakukan analisis terhadap tingkat keamanan saat ini dan mengevaluasi keamanan yang diperlukan untuk sistem ERP, termasuk autentikasi, perlindungan data, dan perlindungan dari serangan.
  • Analisis skalabilitas: melakukan analisis terhadap skalabilitas sistem saat ini dan di masa depan untuk menentukan apakah sistem ERP yang akan digunakan dapat mengakomodasi pertumbuhan perusahaan.

3.  Analisis Sumber Daya: Memastikan bahwa sumber daya manusia perusahaan cukup untuk mengelola sistem ERP.

  • Analisis kompetensi sumber daya manusia: melakukan analisis terhadap kompetensi sumber daya manusia yang ada untuk menentukan siapa yang akan ditugaskan untuk mengelola sistem ERP dan siapa yang akan digunakan sebagai pengguna akhir.
  • Analisis kebutuhan pelatihan: melakukan analisis terhadap kebutuhan pelatihan sumber daya manusia yang ada untuk menentukan siapa yang perlu dilatih dan apa yang perlu diajarkan.
  • Analisis ketersediaan sumber daya manusia: melakukan analisis terhadap ketersediaan sumber daya manusia yang ada untuk menentukan apakah ada cukup sumber daya manusia yang tersedia untuk mengelola sistem ERP.
  • Analisis komunikasi: melakukan analisis terhadap komunikasi yang ada di perusahaan untuk menentukan bagaimana sistem ERP dapat diterapkan dengan efektif di dalam organisasi.
  • Analisis perencanaan karir: melakukan analisis terhadap perencanaan karir sumber daya manusia yang ada untuk menentukan apakah sistem ERP akan mempengaruhi karir sumber daya manusia dan bagaimana perusahaan akan mengatasinya.
  • Analisis kultur organisasi: melakukan analisis terhadap kultur organisasi yang ada untuk menentukan bagaimana sistem ERP dapat diterapkan dengan efektif di dalam organisasi.

Tag

sivensys erp

www.sivensys.com

erp Indonesia

erp bandung

erp rumah potong ayam

erp textile

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone