Mohon tunggu...
Sri Wahyuningsih_SPd
Sri Wahyuningsih_SPd Mohon Tunggu... Guru - Guru Mekatronika SMK Negeri 7 Semarang

Seorang Guru di Kompetensi Keahlian Mekatronika SMK Negeri Semarang. Bergabung sejak tahun 2007. Hobi menulis, menyanyi.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Keputusan Bisa Berubah

23 Januari 2023   14:31 Diperbarui: 23 Januari 2023   14:32 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

KEPUTUSAN  BISA BERUBAH

Selama pembelajaran 2 semester salah satu siswa perwalian bu Novi sering tidak masuk sekolah, ketika pelajaran bu Novipun siswa ini sering tidak masuk, bu Novipun tidak ada nilai yang masuk, tugas-tugas juga tidak masuk. Data kehadiran dan nilai-nilai tugas dan nlai ujian semester pun tidak memenuhi nilai minimum yang harus dicapai (6.00).

Ketika itu Bu Novi sedang hamil muda. Siang itu ada rapat kenaikan kelas. Semua wali kelas dan guru-guru menghadiri rapat itu. Perwalian Bu Ani ada 1 siswa ada masalah di nilai rata-rata yang diperoleh selama 1 semester, tidak memenuhi syarat kenaikan kelas, syaratnya nilai 7 (KKM nya). Siswa ini sering tidak masuk (bolos), di pelajaran Bu Novi siswa ini juga sering tidak mengikuti pelajaran dan otomatis tugas-tugas juga tidak mengumpulkan dan nilainya juga tidak bisa baik, di bawah rata-rata. Setelah melalui pembicaraan di rapat kenaikan kelas, akhirnya siswa ini diputuskan untuk tidak naik kelas.

Seminggu kemudian Bu Novi dipanggil ketua jurusan, "Bu Novi bisa ke ruangan saya sebentar?", bu Novipun menjawab, "Bisa pak". "Ada apa ya pak?", setelah sampai di dalam ruang. "Begini bu Novi, bisakah bu Novi mengubah siswa ini untuk bisa naik kelas, karena siswa ini mengundurkan diri dan minta agar raportnya dinaikkan", begitu penjelasan dari ketua jurusan. Bu Novipun menjawab, "Ya pak, kemarin sudah diputuskan tidak naik kelas, kenapa ini jadi naik kelas ya?". Dengan tegas bu Novi menolak untuk mengubah nilai di Raport siswa yang sudah dinyatakan tidak naik, berubah jadi naik, dengan alasan akan pindah di sekolah lain dengan posisi naik kelas.

Kebijaksaan sekolah bisa berubah, karena pertimbangan dengan orang tua (siswa), sebagai wujud dari pelayanan yang baik. Semoga siswa ini dapat mengambil hikmah dan dapat menjalani kehidupan di luar sana, setelah keluar dari sekolah.

Karena ketidaktahuan bu Novi, tentang keputusan yang bisa berubah, karena memang pelayanan yang baik harus dilakukan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone