Mohon tunggu...
Sutanto Bantul
Sutanto Bantul Mohon Tunggu... Guru - Penulis dan Penggerak Literasi

Guru Seni Budaya MTsN 3 Bantul

Selanjutnya

Tutup

Hobby

MTsN 3 Bantul Gelar Seleksi Catur

26 Januari 2023   10:22 Diperbarui: 26 Januari 2023   10:34 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai bentuk partisipasi madrasah dalam Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Bantul 2023 Cabor Catur, MTsN 3 Bantul menggelar seleksi terbatas diikuti 20 peserta perwakilan kelas, di aula madrasah Rabu-Kamis (25-26/1/2023).

Guru pembimbinga Ekstra Catur, Drs. Sutanto menjelaskan, turnamen menggunakan system swiss 4 babak. Dengan system ini untuk babak pertama ditentukan berdasar undian, sedangkan babak kedua dan seterusnya pairing didasarkan perolehan nilai yang sama.

Jika tak ada yang draw, hasil dari babak pertama akan didapatkan 10 pemain nilai 0 dan 10 pemain dengan nilai 1. Pemain yang mendapatkan nilai 1 ditandingkan dengan yang nilai 1, yang nilai 0 dengan nilai 0, namun tetap memperhatikan warna buah.

"Dalam system swiss dihindari seorang pemain memegang warna buah yang sama selama 3 kali berturut turut. Jadi kalau 5 babak, kemungkinannya memegang buah hitam/putih dibuat seimbang," terang Sutanto.

Peserta yang ikut di hari pertama adalah peserta ekstra kurikuler catur sedangkan di hari kedua ditambah seeded dari siswa kelas 9. Dari hasil seleksi babak pertama diambil 6 pecatur yang memiliki nilai tertinggi yaitu: M. Hasnan Habibi, M. Januar AR, M. Roiyan, Johan Maulana, Rizki Mubarok, Abdul Aziz.

"Enam peserta yang lolos di hari pertama akan ditandingkan dengan empat peserta seeded. Penentuan berapa yang dikirim ke tingkat kabupaten masih menunggu edaran resmi," pungkas Sutanto.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone