Mohon tunggu...
Sabrina
Sabrina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang tertarik pada bidang menulis

Selanjutnya

Tutup

Surabaya Pilihan

Wisata Edukasi: Mengenal Sejarah di Tugu Pahlawan Surabaya

21 Januari 2023   19:31 Diperbarui: 21 Januari 2023   22:55 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tugu Pahlawan Surabaya (dokumentasi kelompok)

Berbicara tentang Kota Surabaya, kita tentu tidak akan lepas dari segala nilai sejarah dan kepahlawanannya. Ibu Kota Jawa Timur ini dibangun oleh semangat para pejuang kemerdekaan pada masa penjajahan dulu. Tidak heran jika saat ini Kota Surabaya dijuluki dengan nama Kota Pahlawan.

Banyak sekali peristiwa heroik yang terjadi di kota terbesar kedua di Indonesia ini. Salah satunya adalah saat arek arek Suroboyo berhasil memukul mundur pasukan sekutu untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia atau biasa dikenal dengan Peristiwa 10 November 1945. Peristiwa ini juga dianggap sebagai salah satu peristiwa bersejarah terbesar di Indonesia.

Untuk mengenang peristiwa ini, maka dibangun sebuah monumen megah yang terletak di tengah-tengah kota Surabaya. Bangunan ini menjadi salah satu ikon Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Monumen ini dinamakan Tugu Pahlawan dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 10 November 1952.

Tugu Pahlawan merupakan bangunan dengan tinggi 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Pada bagian tugu terdapat bentuk 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas yang terlihat masih kokoh dan megah. Lengkungan ini bermakna tanggal 10 bulan 11, untuk mengenang tanggal 10 November 1945 sesuai dengan tujuan dibangunnya monumen ini.

Bangunan ini sangat luas dan terletak di tengah kota Surabaya yaitu wilayah Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Lokasi yang berada di kawasan alun-alun membuat monumen ini dikelilingi rerumputan hijau yang luas dan banyak pohon rindang. Namun, saat kami mengunjungi Tugu Pahlawan ini, panasnya kota Surabaya memang tidak bisa dipungkiri. Berdasarkan yang kami lihat, kebersihan dan kenyamanan di bangunan ini sangat dijaga oleh pengelola dan warga setempat. Bahkan banyak tempat duduk yang dapat digunakan untuk beristirahat para pengunjung.

Selain tugu megah, di sini kita dapat menyaksikan bangunan bersejarah lainnya seperti patung Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dalam ukuran besar yang berdiri di tepat di depan tugu.

Patung Ir. Soekarno dan Moh. Hatta (dokumentasi kelompok)
Patung Ir. Soekarno dan Moh. Hatta (dokumentasi kelompok)
Objek lain yang bisa kita saksikan di tempat ini adalah Museum 10 November. Museum ini terdiri dari 2 lantai dan berada di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter. Di museum ini kita dapat mengetahui banyak hal mengenai sejarah peristiwa 10 November 1945 yang disajikan menarik lewat berbagai media. Banyak pula hiasan di dinding-dinding yang menggambarkan peristiwa 10 November 1945.

Kemudian, kita juga dapat mengunjungi Makam Pahlawan Tak Dikenal yang berada di area tugu ini. Makam ini dibangun untuk didedikasikan pada para pahlawan tak dikenal yang gugur pada peristiwa 10 November 1945.

Makam Pahlawan Tidak Dikenal (dokumentasi kelompok)
Makam Pahlawan Tidak Dikenal (dokumentasi kelompok)

Di sekitar bangunan-bangunan bersejarah ini, kita dapat menikmati berbagai kuliner dan hiburan yang disediakan oleh warga sekitar. Banyak pula fasilitas yang dapat kita nikmati, seperti : Ruang Diorama Elektronik, Ruang Auditorium, Ruang Diorama, Ruang Kidzone, Musholla, dan Lapangan yang luas.

Monumen ikon Surabaya ini buka Senin - Jum'at pada pukul 08.00 - 15.00, sedangkan Sabtu dan Minggu buka pada pukul 07.00 - 15.00. Biasanya warga atau pengunjung ramai berkunjung pada hari Minggu pagi. Cukup dengan Rp. 5.000 saja kita dapat menikmati berbagai monumen bersejarah sekaligus mempelajari peristiwa heroik yang ada di Kota Pahlawan Surabaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone