Mohon tunggu...
TAUFIK HIDAYAT
TAUFIK HIDAYAT Mohon Tunggu... Guru - Love, Dream and Hug

Menyukai dunia bulutangkis dan suka menulis. I hope i will find new things here. Terima kasih yang sudah vote dan kasih komentar. Salam Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

PBSI Waspadai Atlet Keracunan Makanan di Indonesia Masters 2023

23 Januari 2023   22:43 Diperbarui: 23 Januari 2023   22:52 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keracunan Makanan Diwaspadai Penyelenggara Indonesia Masters 2023 (Foto Facebook.com/Badminton Indonesia) 

PBSI melalui Sekjen, Fadil Imran mengungkapkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi atlet keracunan makanan selama berlangsungnya turnamen badminton Indonesia Masters Super 500 pada 24 hingga 29 Januari 2023.

Hal ini menjadi pelajaran penyelenggara sebab tahun lalu pernah terjadi atlet yang keracunan makanan. "Ini memang sangat rentan karena tradisi makan pebulutangkis beda-beda caranya. Kita perketat penjagaan, supaya atlet-atlet ini, mereka yang dari luar, makan yang disajikan oleh hotel," ungkap Fadil Imran dalam jumpa pers, Senin (23/1) seperti dicuplik  dari laman CNN Indonesia.

"Ini pihak hotel sudah kita buat lebih ketat. Saya meminta bantuan dari Polda untuk case security food," ujar pria kelahiran Makassar, 14 Agustus 1968 itu.

Ia berpesan agar atlet dari 23 negara tidak keluar sembarangan apalagi memesan makanan dari luar hotel atau lewat aplikasi online. Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya itu mengingatkan bahwa makan sembarangan dari luar adalah jalan yang berbahaya buat atlet.

Gejala keracunan makanan (Foto rsmaguanhusada.com) 
Gejala keracunan makanan (Foto rsmaguanhusada.com) 

Mengutip dari laman Alodokter, keracunan makanan adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan munculnya mual, muntah, diare, sakit perut melilit, keram perut hingga sakit kepala setelah mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi kuman atau racun.

Chen Qingchen (kanan) keracunan makanan menjelang final India Open 2023 (Foto weibo.com/@BWF) 
Chen Qingchen (kanan) keracunan makanan menjelang final India Open 2023 (Foto weibo.com/@BWF) 
Pada turnamen pekan lalu (India Open) , sejumlah atlet andalan China keracunan makanan bahkan ketika hendak melakoni laga final seperti Chen Qing Chen dan Wang Yi Lyu. Sebelumnya Chen Yu Fei juga menyatakan mundur dan menyerahkan kemenangan untuk lawan karena muntah-muntah diikuti dengan diare hebat.

***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone