Mohon tunggu...
TAUFIK HIDAYAT
TAUFIK HIDAYAT Mohon Tunggu... Guru - Love, Dream and Hug

Menyukai dunia bulutangkis dan suka menulis. I hope i will find new things here. Terima kasih yang sudah vote dan kasih komentar. Salam Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Imlek dan Hujan

24 Januari 2023   11:49 Diperbarui: 24 Januari 2023   15:20 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hujan, Imlek dan Doa (Foto okezone.com) 

Hujan Deras Ketika Imlek

Hujan deras dan teramat deras turun pada Sabtu 21 Januari 2023 di Kota Medan dan sekitarnya. Air bagai dicurahkan langsung dari langit. Katanya berkah. Namun, sejurus kemudian genangan hadir dimana-mana, banjir. Air selokan meluap karena tak mampu lagi menampung debit. 

Yah, malam tahun baru China berlangsung dalam dingin dan kebanjiran. Lalu hujan ini dikait-kaitkan dengan Imlek. Jika Imlek tiba pasti akan hujan, begitu kata orang-orang. Namun sesungguhnya bulan Januari hingga Februari adalah puncak musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. Menurut BMKG, sekitar 70 persen wilayah Indonesia masih diguyur hujan. 

Bagi orang Tionghoa, hujan di kala Imlek artinya keberuntungan yang akan hadir selama setahun ke depan. Di masa silam mayoritas penduduk China adalah petani yang selalu menunggu turunnya hujan sebagai bentuk keberkahan. 

Kembali ke Medan, hujan di hari Sabtu malah membuat banjir. Medan bagian utara khususnya, beberapa ruas jalan utama tergenang air hingga mengganggu pengguna jalan raya. Terlihat beberapa kendaraan mogok di jalan. Hujan kali ini begitu melimpah. Warung dan toko tidak ayal kena imbasnya, warga mengeluh karena endapan lumpur yang sulit untuk dibersihkan. 

Menjenguk Abang Sepupu di Rumah Sakit

Imlek tahun ini, saya habiskan berkunjung di rumah sakit. Perjalanan menuju rumah sakit begitu dramatis karena harus melewati rintangan banjir disana-sini. Ketika kembang api dan petasan pukul 00.00 dinyalakan, saya duduk memandang Abang Sepupu yang terbaring di tempat tidur rumah sakit. 

"Semoga tahun ini menjadi berkah buat kita semua. Dari hujan yang diturunkan malaikat demikian derasnya - semoga demikianlah keberkahan, kesehatan, keselamatan, dan kemakmuran yang kita dapatkan di tahun ini. Tuhan, sembuhkan Abangku dan juga orang yang menderita sakit di manapun mereka berada," doa saya dalam senyap malam kamar inap rumah sakit. 

***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone