Mohon tunggu...
Tita Linyan Pardede
Tita Linyan Pardede Mohon Tunggu... Novelis - Universitas Negeri Medan

Mahasiswa Pendidikan Kimia

Selanjutnya

Tutup

Medan

Bikin Kaget! Pendapatan Besar Hanya dengan Bisnis Buah-buahan?

15 Desember 2022   15:28 Diperbarui: 15 Desember 2022   16:19 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buah-buahan merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan memiliki peluang untuk diekspor. Produk buah-buahan di Indonesia pada umumnya dikonsumsi dalam bentuk buah segar (Departemen Pertanian 2008).

Tingkat kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat yang tinggi membuat konsumsi buah-buahan menjadi meningkat. Untuk itu, jangan heran bila banyak orang yang menjalankan bisnis dengan menjual buah-buahan di berbagai tempat. Bisnis usaha buah-buahan memang sangat menarik untuk dilakukan, selain menguntungkan bagi pengusaha kecil, tingkat kesulitannya pun relatif rendah.

Seperti pada seorang pengusaha bernama Pak Farhan, pemilik usaha buah-buahan yang berusia 53 tahun ini,  mendirikan bisnisnya dengan menjual buah-buahan yang beraneka ragam jenisnya tepatnya di kota Medan. Pak Farhan mendirikan usahanya sejak tahun 2012. Buah yang pak Farhan jual adalah apel, pisang, anggur, semangka, pir, mangga, jeruk, buah naga, melon, dan masih banyak lagi.

Awalnya buah-buahan yang pak Farhan jual adalah hasil panen yang dia tanam sendiri di kebunnya. Namun untuk saat ini pak Farhan lebih banyak mengambil buah-buahan yang akan dia jual dari hasil panen orang lain karena dia sudah tidak berkebun lagi. Orang yang mengelola usaha pak Farhan dari awal berdirinya hingga sampai sekarang adalah Pak Farhan  sendiri beserta keluarganya. Dapat dikatakan usaha ini merupakan bisnis keluarga pak Farhan.

Usaha yang di dirikan pak Farhan tergolong cukup besar sehingga pendapatan yang didapatkan juga besar. Maka dari itu  seluruh anggota keluarga pak Farhan bersama-sama dalam mengelola tokonya. Pak Farhan mengontrol dan  mengelolah usahanya dengan menentukan  jumlah barang yang masuk dan yang keluar serta kualitas barang yang akan di jual. 

Pendapatan penjualan yang pak Farhan dapatkan mulai dari tahun 2012 dia mendirikan usahanya sampai pada tahun 2021 dapat di lihat pada tabel di bawah ini.

whatsapp-image-2022-12-15-at-16-17-18-639ae64b4addee7473473532.jpg
whatsapp-image-2022-12-15-at-16-17-18-639ae64b4addee7473473532.jpg
Pada awalnya Pak Farhan mendapatkan omset penjualan belum begitu banyak. Karena saat itu Pak Farhan masih baru dalam menjalankan usahanya. Pak Farhan juga belum mengetahui bagaimana cara dalam mengelola bisnisnya.  Itu sebabnya pendapatan yang di dapatkan belum stabil. 

Namun seiring berjalannya waktu pendapatan Pak Farhan mulai meningkat. Namun bisnisnya juga mengalamin penurunan. Seperti pada saat adanya Covid-19 yang membuat usaha buah-buahan Pak Farhan mengalami penurunan. Tetapi dengan kerja keras Pak Farhan, dia dapat membuat usahanya dapat meningkat kembali dengan   perlahan-lahan.

Sangat hebat sekali bukan?

Jadi sobat, tertarik menjalankan bisnis buah-buahan ini?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone