Mohon tunggu...
Toby Saldiansah
Toby Saldiansah Mohon Tunggu... Lainnya - propesi saya sebagai mahasiswa

saya mempunyai hobi ke alam bebas

Selanjutnya

Tutup

Financial

Peluang Bisnis di Kalangan Mahasiswa

25 Januari 2023   09:47 Diperbarui: 25 Januari 2023   10:03 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Bisnis menjadi hal yang digandrungi karena menghasilkan pundi- pundi rupiah. Mayoritas Mahasiswa tentu membutuhkan uang jajan tambahan sebagai tabungan atau memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terkhusus bagi yang merantau.

Dalam memulai Bisnis, tidak melulu menggunakan modal sebagai penentu jalannya, Karena dari hobi dan keahlian yang kita punya bisa menjadi langkah juga, Selama strategi telah terbentuk.

Menjalankan roda bisnis di lingkungan kampus menjadi salah satu contoh yang tak salah untuk dicoba, dimana kita menyediakan apa-apa yang sekiranya dibutuhkan oleh Mahasiswa.

Ilmu lebih yang kita miliki, ternyata akan menjadi manfaat ketika turut diimplementasikan dengan membantu orang lain, Tapi alasan mengapa seseorang memilih untuk Joki Tugas ternyata tidak melulu tentang malas mengerjakan. Hal ini menambah wawasan juga bagi yang menerima Joki, adanya ilmu baru dari berbagai jurusan, Misalnya sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi, tapi mengerjakan tugas Mahasiswa jurusan Psikologi, KTF, Administrasi Publik, dan lain-lain.

Punya printer pribadi juga bisa dijadikan ladang usaha sebagai Joki Print, karena penugasan seperti makalah, materi per-bab dari dosen biasanya membutuhkan hard-file dalam pengumpulan atau pegangannya.

Kreatif dalam menciptakan karya seni, terutama pada konteks digital, Rupanya dapat menghadirkan cuan sebagai Joki Desain dengan membantu pengerjaan seperti power point, video animasi, poster, dan lain-lain.

Dalam lingkup kampus, akan selalu ada yang namanya organisasi lalu membuat suatu acara. Dimana akan terbentuk pakaian seragam untuk terciptanya ciri khas. Seperti Jersey, Kaos, Kemeja PDH, Vest, dan lain-lain.

Dibebaskan dalam hal berpakaian hingga timbul keberagaman outfit, Mulai dari pakaian formal seperti blazer, kemeja, blouse, vest. Hingga wadah peralatan kuliah seperti totebag, ransel, shoulderbag, pouch, dan lain-lain.

Daripada diam tanpa tujuan saat menunggu jam kelas berikutnya. Mengapa tidak untuk bergerak mencari pelanggan dengan menjadi ojek online di sela-sela kosongnya jadwal.

Tapi, dalam merealisasikan itu semua, butuh pengorbanan berupa waktu, tenaga, dan pikiran. Mengingat masih menjadi Mahasiswa Aktif, manajemen waktu juga sangat diperlukan karena akan memengaruhi proses sampai ke hasilnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone