Mohon tunggu...
Tri Utami
Tri Utami Mohon Tunggu... Penulis - S1 Ilmu Komunikasi

Halo saya Tri Utami, seorang fresh graduate yang memiliki pengalaman dalam pengolahan konten di website dan media sosial di salah satu perusahaan startup selama 1 tahun. Dengan daya kreativitas dan keterampilan menulis yang baik, mampu menyusun artikel, iklan, poster, dan pengumuman yang menarik menggunakan keterampilan SEO sehingga dapat meningkatkan traffic ke situs web perusahaan.”

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Intip Yuk Pentingnya Work Life Balance untuk Kesuksesan Karier

25 Januari 2023   22:55 Diperbarui: 25 Januari 2023   23:01 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Hai Buddies udah tau belum istilah work life balance? Yang beberapa waktu lalu sempat menjadi bahasan hangat di media sosial loh, karena banyak yang merasa “semakin banyak tuntutan dari pekerjaan Work Life Balance jadi udah ngga  relevan. 

Nah pernyataan itu bener ngga sih? bagi semua golongan pekerja, work life balance merupakan impian semua orang karena semakin banyak yang terjebak dalam stress akibat tekanan pekerjaan yang berat. 

Akibatnya bisa cukup fatal, mulai dari pupusnya keharmonisan rumah tangga, depresi, burn out bahkan bisa sampai mengalami gangguan kesehatan loh.. Wahh serem banget ya Buddies. Secara singkat work life balance adalah kemampuan seseorang untuk menikmati dan menyeimbangkan setiap aspek kehidupan, pekerjaan, keluarga, teman dan diri sendiri, tanpa memberatkan salah satu faktor saja. 

Tapi emang bisa kita maksimal dalam semua aspek? Ya memang ngga ada yang sempurna, begitu juga ketika kamu mencoba untuk mengaplikasikan work life balance ini di dalam hidup kamu. Work life balance bukan tentang membagi antara jam kerja dan kehidupan pribadi secara merata, tapi tentang bagaimana kita memiliki fleksibilitas untuk menyelesaikan kewajiban pekerjaan dan tetap memiliki waktu untuk kehidupan pribadi. 

Contohnya, mungkin di suatu waktu kamu harus bekerja lebih lama dari pada biasanya agar kamu bisa memiliki waktu lebih saat akhir pekan. Kita semua pasti merasa kesulitan saat ingin menjalankan sebuah perubahan termasuk mengaplikasikan work life balance ini. Tapi jika kamu mampu berhasil melakukan hal ini banyak manfaat yang akan kamu dapatkan loh! Apa aja sih manfaatnya? Yuk kita simak ulasannya

1. Dapat terhindar dari berbagai penyakit. 

Dengan meningkatnya kebahagiaan untuk melakukan work life balance ini dapat meningkatkan imun tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit mental karena tidak adanya tekanan.

2. Hidup menjadi lebih bahagia

Adanya keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan Apakah Anda tahu bila anda bekerja dengan ritme yang benar dapat membuat Anda lebih mudah mencapai hasil yang diinginkan? Selain itu suatu pencapaian. Kepuasan batin yang dirasakan ketika mencapai atau menghasilkan sesuatu dengan baik bisa membawa efek penyembuhan yang sangat luar biasa untuk tubuh.

3. Meningkatnya Hubungan Baik

Salah satu manfaat terpenting dalam Work Life Balance yaitu hubungan Anda dengan orang-orang sekitar. Tidak ada gunanya bila meraih kesuksesan saat di tempat kerja tetapi pulang ke rumah anda bertengkar dengan keluarga karena kurangnya waktu bersama. Maka dari itu, lakukan yang terbaik di dalam menciptakan keseimbangan dan di dalam seluruh aspek kehidupan anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone