Mohon tunggu...
tuti dede
tuti dede Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya merupakan Guru SD yang sudah mengabdi selama 32 tahun, dengan masa kerja saya yang tingal 8 tahun lagi saya ingin menuliskan cerita tentang dunia pendidikan yang bisa menginspirasi semua orang.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Tradisi Imlek

22 Januari 2023   18:02 Diperbarui: 22 Januari 2023   18:19 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jelang perayaan imlek ,dekorasi serba merah menjadi ciri khas dalam menyambut perayaan imlek tahun ini di jalan --jalan terlihat tulisan "Gong Xi Fa Cai " banyak orang mengira kalau arti dari tulisan itu selamat tahun baru ,pada hal arti yang sebenarnya adalah semoga mendapat kekayaan yang makin melimpah ,tradisi orang Tionghoa  yang merayakan hari raya imlik dengan berkumpul bersama keluarga besar di rumah anak tertua atau di rumah orang tua sungguh tradisi yang sangat baik di sana berkumpul semua keluarga menambah kehangatan dan kekompakan di dalam keluarga itu sendiri  . Ada tradisi di hari raya Imlik yaitu bagi --bagi angpo (amplop merah ) ciri khas dari amplop yang di bagi kan untuk saudara ,kawan dan kerabat  yang tentu saja menarik isi di dalamnya uang dengan jumlah yang berpariasi yang memiliki arti symbol kepedulian kepada orang lain . Angpo di berikan dari  orang tua kepada anak --anak ,dari orang yang mampu kepada orang yang tidak mampu .Ampolop merah  hanya symbol sekaligus tradisi dalam keluarga Tionghoa yang melambangkan kebaikan dan kesejahteraan  yang mana warna ampolop nya berwarna merah yang artinya kegembiraan ,semangat menuju kebaikan dan keberutungan .Tahun 2023 akan membawa Kedaiaman dan Kesuksesan ,Amiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone