Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Pembagian Simpanan Bank Sampah Ngadisuryan

4 Januari 2023   08:34 Diperbarui: 4 Januari 2023   08:49 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN Alternatif 84 Unit IV.B.2 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama pengurus bank sampah Ngadisuryan (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 84 Unit IV.B.2 bersama pengurus bank sampah Ngadisuryan mengadakan pembagian simpanan bank sampah yang dilaksanakan setiap akhir tahun kepada warga di wilayah Ngadisuryan, Patehan, Yogyakarta, pada 28 Desember 2022. Kegiatan ini diadakan di lingkungan RW 03 dan dihadiri oleh Ketua PKK RW 03, RT 11, RT 12, RT 13, RT 14, dan RT 15 serta masyarakat kampung Ngadisuryan.

Endah Budiyastuti mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, didapuk sebagai penanggung jawab kegiatan pembagian simpanan bank sampah dalam upaya mewujudkan masyarakat yang peduli dan cinta lingkungan di wilayah Ngadisuryan, khususnya RW 03.

"Kegiatan pembagian simpanan bank sampah ini sudah cukup lama tidak diadakan sejak pandemi Covid-19, sehingga setelah pandemi mereda pengurus serta mahasiswa KKN UAD mengadakan kembali pembagian simpanan bank sampah yang dilaksanakan setiap akhir tahun. Nantinya pembagian ini bisa menjadi agenda rutin dan mampu mempererat silaturahmi antarmasyarakat RW 03," ujar Endah.

Lebih lanjut, Endah menyampaikan bahwa warga RW 03 sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini, terlebih lagi masyarakat menjadi tahu tentang adanya perubahan kebijakan dalam membuang sampah pada tahun 2023. Kembali dioperasikannya bank sampah tersebut diharapkan dapat bermanfaat dan menyejahterakan warga setempat.

Hal serupa juga disampaikan oleh Amin Syamsudin selalu ketua unit IV.B.2. "Bank sampah menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi persoalan lingkungan dengan mengajak warga secara partisipatif untuk memilah sampah sejak dini dimulai dari rumah masing-masing. Selain menjadikan lingkungan bersih, dengan diadakannya bank sampah masyarakat juga akan mendapatkan uang dari hasil penjualan sampah."

Antusiasme masyarakat RW 03 ini sangat tinggi, terbukti dari banyaknya masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan pembagian simpanan bank sampah. Kegiatan diakhiri dengan makan bersama warga setempat dan foto bersama. (frd)

uad.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone