Mohon tunggu...
Utami Pratiwi
Utami Pratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Community Education 2020 Universitas Sriwijaya

Selanjutnya

Tutup

Palembang

Opini dari Evaluasi Program Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Sukajadi

9 Oktober 2022   13:24 Diperbarui: 9 Oktober 2022   13:27 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Palembang. Sumber ilustrasi: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com/Ryan Zulqudsie

OPINI - Pada saat ini, Corona virus adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Akibat dari adanya virus Corona diharuskan setiap orang untuk mengikuti protokol kesehatan dan melakukan penyuntikan vaksinasi. Pada kesempatan ini saya akan membahas vaksinasi covid-19 di Puskesmas Sukajadi yang terletak di kelurahan Sukajadi, Banyuasin yang menyediakan vaksin covid-19 untuk warga sekitar daerah tersebut. 

Adapun upaya pemerintah untuk pencegahan penyebaran virus tersebut seperti mengurangi kegiatan tatap muka dan mobilitas penduduk dengan menerapkan kebijakan ganjil genap.

Sebenarnya masyarakat didaerah tersebut banyak yang menolak untuk divaksin karena pada waktu itu masih banyaknya berita hoax yang beredar bahwa vaksin itu berbahaya bukan untuk mengobati tapi menambah penyakit, hal ini diakibatkan kurangnya pemahaman tentang covid-19 dan pentingnya vaksinasi. 

Lambat laun masyarakat Sukajadi tersebut banyak yang ingin melakukan penyuntikan vaksin di karenakan semua kegiatan sekarang yang diperlukan sertifikat dari suntik vaksin tersebut, jadi warga/masyarakat tersebut mau tidak mau harus melakukan penyuntikan vaksin, namun tanpa adanya paksaan yang mengikatnya. 

Dan sampai sekarang banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk melakukan penyuntikan vaksin booster tapi karena sedikitnya stok booster maka tidak banyak dosis yang dihabiskan per-hari nya, seperti vaksin sebelumnya yaitu vaksin ke-1 dan ke-2.

Menurut saya progam kesehatan dalam vaksinasi covid-19 di Puskesmas Sukajadi tersebut telah berjalan dengan baik dan lancar, tetapi masih kurang dalam bentuk penyuluhan kesehatan.

Seharusnya sebagai tenaga kesehatan/pemerintah sekitar sebelum melakukan kegiatan program penyuntikan vaksinasi tersebut harus terlebih dahulu memberikan penyuluhan maupun sosialisasi akan pentingnya vaksinasi covid-19 untuk menjaga imun tubuh tiap orang agar terhindar dari paparan virus Corona, yang menjadikan semua golongan masyarakat untuk siap di suntik vaksin

Mohon tunggu...

Lihat Konten Palembang Selengkapnya
Lihat Palembang Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone