Mohon tunggu...
Vita Prihatiningsih
Vita Prihatiningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jangan ragu untuk mencoba

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Budidaya Jamur Peluang Usaha yang Sangat Menjanjikan

23 Januari 2023   13:13 Diperbarui: 23 Januari 2023   13:17 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Bisnis jamur Di dirikan oleh Pak Manto sejak Tahun 2006

Halo sobat bisnis kali ini kita akan sedikit mengintip tentang bisnis jamur yang ada di desa poncokusumo tentunya teman-teman tidak asing dengan kata budidaya jamur, bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh warga Malang, sehingga tak heran jika bisnis jamur ini menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan untuk si kembangkan.

Pada kali ini kita akan sedikit mengintip dari budidaya jamur UD Restu Bunda yang mana didirikan oleh Pak Manto sebagai owner dari bisnis ini, bisnis ini telah dirintis sejak lama, tahun 2006 menjadi tahun pertama merintis bisnis ini sehingga menjadi perjalanan cukup panjang hingga Tahun 2022 yang mana sekarang telah mempunyai sekitar 70 karyawan yang aktif. bisnis yang telah lama di rintis oleh Pak Manto ini Tentunya telah menuai banyak lika-liku dalam perjalanannya hingga sampai sekarang. pada awalnya Pak Manto memang menggunakan modal mandiri untuk untuk merintis bisnis budidaya jamur ini, modal yang didapatkan dari simpan pinjam koperasi sukses dimanfaatkan oleh Pak Manto menjadi cikal bakal bisnis yang sampai sekarang terus berkembang.

Proses dari pengembangan budidaya jamur ini memang memakan waktu cukup panjang dan juga tenaga yang cukup besar, tak heran Pak Manto harus bisa mengelola 70 karyawannya untuk bisa bekerja secara produktif, dari mengembangkan bibit jamur, merawat proses pertumbuhan jamur, memanen jamur, hingga mengelola jamur menjadi olahan masakan yang siap disajikan di resto yang dikelola juga oleh Pak Manto.

Tak hanya tentang pengelolaan budidaya jamur Pak Manto juga bergerak aktif dalam bidang pemasaran bibit jamur dan juga edukasi tentang budidaya jamur yang tentunya itu kan sangat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mengetahui lebih dalam Bagaimana budidaya jamur. Seperti yang sudah kita saya katakan tadi Pak Manto tidak hanya bergerak dalam budidaya jamur Beliau juga bergerak dalam pemasaran jamur yang salah satunya dipasarkan melalui Resto yang dikelola oleh Pak mantol langsung. Resto dinamai warung jamu Ayu ini masih belum lama berdiri dan hal yang paling unik dalam Resto ini Tentunya hampir semua menunya terdiri dari jamur salah satu menu andalannya adalah sate jamur dan minuman jamur ayu yang tentunya jarang sekali kita dapatkan di warung makan warung makan lainnya.

Jamur ini adalah jamur yang berjenis jamur tiram sudah tak langka lagi jika banyak yang mengonsumsi. selain dikonsumsi sebagai makanan, jenis jamur ini juga digunakan untuk membantu mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Nah sobat bisnis yuk intip apa saja sih kandungan dari jamur ini. 

Kandungan Jamur Tiram dan Manfaatnya  

Jamur tiram sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Makanan yang satu ini juga rendah karbohidrat, sehingga bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.
Dalam satu cangkir jamur tiram yang sudah diiris (86 gram) memberikan 28 kalori, 2,9 gram protein, 5,2 gram karbohidrat, dan 0,3 gram lemak. Selain itu, fungi yang banyak ditemukan di Cina ini juga mengandung beberapa zat yang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan.
Zat-zat tersebut, termasuk serat makanan, beta-glukan, dan beberapa polisakarida, kelas karbohidrat yang memengaruhi fungsi kekebalan tubuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone