Mohon tunggu...
widyastuti jati
widyastuti jati Mohon Tunggu... Dosen - Dosen UIN Salatiga

mengagumi keindahan alam dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Refreshing Gratis

24 Januari 2023   16:32 Diperbarui: 24 Januari 2023   16:39 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Kabupaten Semarang mempunyai banyak sekali tempat wisata. Ada beberapa yang dekat dengan tempat tinggal saya, Kecamatan Bawen, seperti Dusun Semilir, Cimori, Banaran, Eling Bening, Goa Rong  Saloka, Museum Kereta Api,  Palagan Ambarawa, dan masih banyak lagi. Semua sudah pernah saya kunjungi, tentunya cukup satu dua kali saja, karena mengunjungi tempat tersebut berbayar.

Karena  sering jalan kaki di tempat-tempat  yang indah, kami memilih yang gratis tetapi tidak kalah eksotik dan menariknya. Salah satunya adalah Desa Wisata Bejalen, atau dikenal dengan nama Kampung Pelangi.

Apabila menuju ke sana kami berjalan melewati Lapangan Turonggo atau dikenal lapangan Pangsar (Panglima Besar Sudirman) Ambarawa  kemudian melewati Beteng Wilhelmina atau Beteng Pendem, merupakan  bangunan tinggalan Belanda. Kami juga melewati Sebuah Sekolah Dasar yang bangunannya  juga tinggalan Belanda  di mana suami belajar di sini tahun enampuluhan dan lulus awal tahun tujuh puluhan. Bangunan itu masih berdiri kokoh, dan model seperti aslinya.

Sesudah menyeberang jalan lingkar, sampailah kami di Desa Bejalen. Tahun delapan puluhan, almarhum ibu saya menjadi Kepala Sekolah di SD Negeri Bejalen. Saat itu  suasananya masih sangat pedesaan, jalan banyak yang belum diaspal, dan masih sulit dijangkau selain itu, jarak antar rumah masih berjauhan.

Dengan adanya jalan lingkar, desa ini sekarang mudah untuk dikunjungi. Kita pun bisa menikmati keistimewaannya tanpa harus mengeluarkan uang.  

Karena saya dan suami sudah lansia, ketika jalan kaki di tempat yang elok, aktifitas utama kami tentu bukan berselfi. Namun kami menikmati keindahan dan keistimewaan suatu tempat sembari mengucap syukur, masih diberi usia panjang dan bisa menyaksikan lukisan alam  yang mengagumkan dari Sang Pencipta.

Kami berjalan di sepanjang sungai yang bersih dari sampah,  dan uniknya pagar di tepi slsungai dan rumah-rumah di sekitarnya di cat warna warni, sesuai dengan julukannya, Kampung Pelangi. Seperti ciri khas penduduk  desa di  Kabupaten Semarang, penduduk Desa Bejalen, jika  menjumpai seseorang, meski tidak kenal mereka akan tersenyum dan menyapa dengan ramah.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Sesudah menelusuri jalan  di sepanjang sungai, kami memasuki perkampungan yang cukup padat rumah- rumahnya, sangat berbeda dengan suasana tiga puluh tahun yang lalu. Akhirnya kami sampai di pesawahan yang sangat luas, di mana kita bisa menyaksikan Gunung telomoyo dan Merbabu dengan jelas dari sini. Penduduk menamakan tempat ini " Lucky Land". Ya, memang tempat ini tentu sangat menguntungkan penduduk karena sangat subur. Jika musim panen telah usai, petani bisa mengembala bebek atau mencari keong sawah di sini.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Di tengah pesawahan  dibangun jalan beton yang sangat nyaman untuk berjalan kaki. Orang yang melakukan olah raga baik berjalan kaki maupun naik sepeda bisa menikmati  cantiknya panorama pesawahan di kiri kanan jalan.  Embusan angin bertiup lembut menambah sejuk suasana, dan hatipun menjadi teduh.  Lebih nyaman lagi, di pinggir pesawahan ada gubug- gubug yang bisa digunakan untuk beristirahat sembari  memakan bekal.

Demikianlah refreshing ala orang tua yang sederhana dan tidak mengeluarkan biaya, tetapi membuat badan sehat dan bugar serta hati pun bahagia.

salam sehat dan bahagia untuk sahabat kompasiana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone