Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : [email protected]

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

Metaverse & Digital Twin Bersama Prof. Dr. Eko Indrajit

24 Januari 2023   15:41 Diperbarui: 24 Januari 2023   15:44 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selasa, 24 Januari 2023, Omjay berkunjung ke gedung guru Indonesia. Letaknya di jalan Tanah Abang III No. 24 Gambir Jakarta Pusat. Di sana sudah ada pameran kegiatan meteverse dan digital twin. Sekaligus juga ulang tahun Prof. Eko Indrajit yang ke-54. Banyak tokoh pendidikan hadir dalam acara ini. Dianataranya Prof. Dr. Wardiman, Prof. Dr. Tian Belawati, Bambang Prastowo, dan Pak Dr. Gatot H Priowirjanto.

dokpri
dokpri

Seru sekali acaranya. Omjay datang terlambat karena harus mengajar di kelas 7B SMP Labschool Jakarta. Matewrinya juga akan menuju ke metaverse. Anda bisa membacanya di https://wijayalabs.com/2023/01/24/pertemuan-ketiga-informatika-kelas-7/

Sebenarnya metaverse dalam dunia pendidikan bukanlah hal yang baru. PGRI SLCC di bawah pimpinan Prof. Dr. Eko Indrajit sudah memperkenalkannya 10 tahun lalu. Namun, belum dianggap sesuatu yang serius dan dijadikan isu yang menarik saat itu. Setelah pandemi covid-19 melanda dunia, barulah teknologi metaverse mulai dilirik banyak orang.

dokpri
dokpri

Di gedung guru Indonesia, omjay bertemu dengan beberapa teman anggota PGRI. Salah satunya pak Agung Prapto yang sangat senang dengan adanya kegiatan pameran ini. Beliau seorang guru sekolah dasar yang sangat senang dengan dunia metaverse. Beliau hadir di acara pembukaan bersama tokoh pendidikan lainnya.

omjay dan pak Agung/dokpri
omjay dan pak Agung/dokpri

Tadinya, omjay mau datang ke pameran sore hari setelah pulang mengajar. Namun, Omjay sempatkan hadir ketika selesai mengajar di kelas 7B SMP Labschool Jakarta. Omjay naik gojek motor dan sampai di gedung guru sekitar pukul 11.30 WIB. Alhamdulillah masih ketemu Prof. Dr. Eko Indrajit. Beliau sekarang juga menjabat sebagai ketua asosiasi Pendidikan Metaverse.

dokpri
dokpri

Saat Omjay hadir di gedung guru Indonesia, beliau sedang diwawancarai seorang wartawan dari media arus utama. Setelah santai, barulah Omjay mendatangi Prof. Dr. Eko Indrajit dan foto bersama dengan beliau. Namun sayangnya, ponsel Omjay habis baterainya, dan untunglah ponsel Prof. Dr. Eko Indrajit masih penuh baterainya. Jadilah kami foto bersama, hehehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone