Mohon tunggu...
Yan veraosmana
Yan veraosmana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Glang-Glong Swasta

Praktisi Ngerokok lan Ngopi

Selanjutnya

Tutup

Diary

Tua, Sakit Dan Kematian

24 Januari 2023   14:15 Diperbarui: 24 Januari 2023   18:41 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Tua Sakit Dan Kematian

Anak-anak ku peganglah selalu tiga unsur yang sangat penting. Buat pijakan hidup kalian. Dan buat bekal kalian,supaya tidak tersesat kedalam keburukan.

Ingatlah itu wahai anak-anaku. Karena di dalam kehidupan mu nanti, akan lebih keras lagi dari kehidupanmu kini.

Sehingga kalian harus waspada terhadap apapun. Sebab, kalau kalian mempunyai sebuah bekal yang cukup baik. Niscaya akan sedikit meringankan beban kalian.

Nak, hidup ini bisa dibilang semuanya ada tiga hal. Dan itu,saling kait dan berkaitan serta berkesinambungan Antara satu dengan lainnya. 

Dan itu,memang lah benar adanya. Karena semua hal yang tidak bisa kembali lagi di dunia ini. Yang Pertama adalah Waktu dan yang kedua adalah ucapan serta yang ketiga adalah Kesempatan. 

Walaupun itu beda tapi punya kesamaan di arti dan maknanya. Yakni tak bisa kembali dikala sudah terjadi. Dan semua itu bisa dikata rangkaiannya. Meski tak jadi satu kesatuan yang utuh.

Dan semuanya itu memang harus selalu dijaga dengan baik. Agar kau tak menyesal dikemudian hari. Begitu juga dengan tiga hal yang bisa menghancurkan hidup mu. 

Yang pertama amarah, kedua keangkuhan dan ketiga adalah dendam dihati. Namun ini,bisa dikata menjadi satu rangkaian unsur didalam diri manusia.

Maka dari itu, lebih baik kalian harus selalu menghindari atau menjauhinya. Karena semuanya bisa berawal dari diri kalian sendiri. 

Kemudian lagi, ada tiga hal yang tidak boleh dihilangkan serta harus dipelihara oleh kalian. Pertama yaitu harapan, kedua keikhlasan dan terakhir adalah kejujuran. Dan ini penting sekali, untuk kalian dalam mengarungi kehidupan ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone