Mohon tunggu...
Yan veraosmana
Yan veraosmana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Glang-Glong Swasta

Praktisi Ngerokok lan Ngopi

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kenapa Suka Berdagang? Tanya Anakku

24 Januari 2023   20:36 Diperbarui: 24 Januari 2023   20:41 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Ditanya anak

Ketika anak-anak ku bertanya, kenapa kakek dan neneknya serta kedua orang tuanya suka berdagang?. Jujur aku dibuat kaget dengan pertanyaan tersebut.

Mau tak jawab ini dan itu secara detail, bisa terlalu lama. Akhirnya dengan sedikit ilmu ngeles tingkat tinggi, aku pun menjawab sekenanya saja. Sekalian menyisipkan petuah-petuah baik kepada anak-anak ku.

Anak ku, kenapa kakek nenek kalian suka berdagang. Karena berdagang itu sangat enak. Tidak diatur bos, tidak diatur atasan tidak diawasi kerjanya dan sebagainya. Terus bisa mengatur waktu secara bebas, tak tekekang jam kerja maupun lainya.

Bebas tanpa ikatan administratif aturan perkantoran maupun hal-hal rumit lainya. Itulah alasan kakek nenek kalian lebih suka berdagang.

Selain itu, berdangang menjadikan kakek nenek kalian bos atau pimpinan atas daganganya. Dan dengan berdagang juga bisa berinteraksi dengan banyak orang. Jadi bisa dapat kenalan banyak, teman banyak dan saudara banyak.

Tetapi alasan utama kakek nenek kalain suka berdagang. Karena menurut mereka berdagang atau berniaga, mendapatkan apresiasi tinggi dari nabi Muhammad SAW. Karena 90 persen rejeki dari alloh terdapat dalam perdagangan.

Kemudian menurut kakek dan nenek mu.  Berdagang apa pun, dapat melatih kakek nenek mu menjadi orang paling sabar dan jujur. Serta bisa memahami maupun bisa mengenal karakter-karakter semua orang.

Itulah yang membuat bapak dan ibu mu. Ikut-ikutan menyukai profesi berdagang. Namun tetap menggunakan petuah dari kakek nenek mu. 

Yang selalu mengajarkan ilmu berdagang dengan kaidah-kaidah aturan agama. Dan mengedepankan etika dalam bertransaksi. Supaya para pembeli bisa merasa nyaman. Kalau sudah nyaman dipastikan menjadi pelanggan setia.

Begitu pun dalam mencari untung. Bapak dan ibu mu. Tetap harus rasional serta wajar. Agar mendapatkan berkah dari allah SWT.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone