Mohon tunggu...
Yudhistira Widad Mahasena
Yudhistira Widad Mahasena Mohon Tunggu... Desainer - Designer, future filmmaker, K-poper, Eurofan.

He/him FDKV Widyatama '18

Selanjutnya

Tutup

Film

Dari Trapani Sampai Piko, Iqbaal Ramadhan Memang Serba Bisa

23 Januari 2023   17:50 Diperbarui: 23 Januari 2023   17:53 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Iqbaal Ramadhan buatan saya sendiri, yang saya buat dengan Adobe Illustrator. (sumber: Dokpri)

Bismillahirrahmanirrahim.

Indonesia memang sarat akan artis-artis yang ganteng dan cantik serta berbakat. Bakat mereka beragam, mulai dari musik dan akting. Dan kali ini saya akan membahas salah satu aktor sekaligus musisi terbaik Indonesia sepanjang masa. Dia ganteng dan serba bisa. Dia adalah Iqbaal Ramadhan.

Iqbaal, begitulah dia biasa disapa, lahir di Surabaya pada tanggal 28 Desember 1999. Nama lahirnya adalah Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan. Ayahnya, Herry Hernawan, seorang pengusaha. Ibunya bernama Rike Dhamayanti. Iqbaal memiliki seorang kakak perempuan bernama Fildza "Ody" Hasnamudhia yang bekerja sebagai dokter gigi.

Masa kecil Iqbaal dihabiskan dengan berpindah-pindah kota, dari Makassar, Sorong, hingga Jakarta karena tuntutan pekerjaan sang ayah. Iqbaal menempuh pendidikan formal di TKIT Al Izzah Sorong, SDIT Al Muhajirin Pondok Kopi, SMP Global Islamic School Condet, SMA Global Islamic School Condet, dan kemudian Armand Hammer United World College of the American West, Montezuma, New Mexico, Amerika Serikat.

Ketika masih kecil, Iqbaal terkenal cengeng (gampang menangis). Bila dia menangis, dia bisa membuat telinga tuli, jadi janganlah mencoba membuatnya menangis. Dia pernah jatuh dari sepeda ketika kelas 3 SD dan menangis hingga 6 jam.

Iqbaal lahir dari keluarga Muslim. Setiap Ramadan tiba dia selalu mengkhatamkan Alquran. Dia sudah dibiasakan untuk membaca Alquran sejak usia 8 tahun. Dalam satu bulan dia bisa khatam sampai 20 juz. Dia bahkan bila ada waktu luang akan memakainya untuk membaca Alquran alih-alih bermain gawai. Ketika masih kecil, Iqbaal memang bercita-cita menjadi seorang ustaz.

Awalnya Iqbaal hanya anak lelaki biasa yang tinggal di rumah dengan dinding bercat kuning kecokelatan di Jakarta. Namun siapa sangka, hidupnya berubah setelah memerankan tokoh Trapani di Musikal Laskar Pelangi pada tahun 2011 lalu. Saat itu, usianya 11 tahun. Dia beradu akting dengan bintang-bintang cilik dan remaja ternama Indonesia, seperti Teuku Ryzki, Aldy Maldini, Kelvin Joshua, Bastian Steel, Christoffer Nelwan, dll. Persembahan teater tersebut disambut meriah.

Di tahun yang sama, Iqbaal menapakkan kaki di bidang akting lewat perannya sebagai Rusdi di film "5 Elang". Dia kembali beradu peran dengan Christoffer Nelwan, Teuku Ryzki, Bastian Steel, dan Monica Sayangbati. Rusdi diceritakan sebagai anak pramuka yang optimistis.

Lewat perannya di Musikal Laskar Pelangi, produser musik Patrick Effendy menawarkan kepada Iqbaal, Kiki, Bastian, dan Aldy apakah mereka ingin bergabung dalam boy group pra-remaja. Mereka mengiyakan, dan Coboy Junior (CJR) pun lahir. Debutnya CJR menuai kontroversi, karena mereka menyanyikan lagu cinta di usia mereka yang saat itu masih pra-remaja. Namun mereka juga punya fans yang setia mendukung mereka hingga akhir, yang menyebut diri mereka Comate.

Sayangnya Bastian keluar dari CJR pada 2014 karena alasan pribadi. Iqbaal, Kiki, dan Aldy tetap di grup, dan CJR berganti nama menjadi... well, CJR. Terinspirasi dari AJR.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone