Mohon tunggu...
Zulfi Alfara
Zulfi Alfara Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mencoba untuk menulis hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Seni

Musabaqah Qur'an dan Adzan di TPQ Dusun Jarak Ijo (KKM 150 UIN Malang)

17 Januari 2023   19:25 Diperbarui: 17 Januari 2023   21:20 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu program kerja keagamaan dari KKM 150 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah mengajar di TPQ Qur'an dan TPQ Yanbu'a yang berlokasi di Dusun Jarak Ijo, Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Setelah hampir genap satu bulan mengajar, kami mengadakan musabaqah atau perlombaan yang di laksanakan pada hari Sabtu 14 Januari 2023 sebagai penutup dari kegiatan di TPQ. Lomba yang diselenggarakan adalah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) dan musabaqah adzan. Serangkaian kegiatan lomba yang berlangsung dari pukul 13.00 hingga 16.00 tersebut diikuti oleh 35 peserta dengan rincian 17 anak dari TPQ Qur'an dan 18 anak dari TPQ Yanbu'a.

Suasana Musabaqah/dokpri
Suasana Musabaqah/dokpri
Mendekati pukul satu siang pada hari itu, peserta mulai berdatangan memenuhi serambi masjid dengan pakaian yang sopan dan rapi. Aura yang berbeda dengan hari-hari sebelumnya sangat jelas terasa. Perasaan senang, sedih, deg-degan, sekaligus terharu melebur jadi satu ketika melihat anak-anak didik yang penuh dengan semangat akan maju satu per satu untuk memenuhi panggilan lomba. Dengan segenap kemampuan yang dimiliki, mereka tampil dengan penuh percaya diri. Tingkah khas dari anak kecil yang mendominasi peserta membuat suasana semakin hangat dan menghibur. Antusias para orang tua dalam mengikuti rangkaian lomba dari awal hingga akhir juga sangat baik hingga menjadikan kami sebagai panitia merasa sangat dihargai.

Pembukaan Musabaqah/dokpri
Pembukaan Musabaqah/dokpri
"Terima kasih sudah mengadakan acara lomba ini!", ujar salah satu guru mengaji yang menjadi tamu undangan kami dalam pembukaan musabaqah. Tidak lupa rasa "terima kasih" kembali kami sampaikan karena sudah dipercayai untuk mengajar di TPQ serta diberi kesempatan untuk sama-sama belajar dengan adik-adik yang shalih-shalihah. Dalam suasana yang sedikit mendung disertai guyuran rintik hujan yang menambah kesejukan, Alhamdulillah acara musabaqah berjalan dengan baik tanpa suatu halangan yang berarti. Perihal juara, pemenang dari setiap cabang lomba akan diumumkan ketika acara penutupan KKM yang telah diagendakan, Insyaallah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone