Mohon tunggu...
Zulfi Alfara
Zulfi Alfara Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mencoba untuk menulis hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Penyuluhan Pengembangan UMKM Dusun Jarak Ijo (KKM 150 UIN Malang)

19 Januari 2023   20:57 Diperbarui: 19 Januari 2023   21:15 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama Ibu-ibu peserta penyuluhan/dokpri

Kehidupan manusia tidak dapat lepas dari kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan yang akan terus berputar. Salah satu usaha yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk keberlangsungan hidup adalah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). UMKM merupakan usaha perdagangan yang dikendalikan oleh suatu badan usaha atau perorangan. UMKM menjadi penyumbang kontribusi yang besar terhadap rekrutmen tenaga kerja yang sekaligus mengurangi angka pengangguran. Selain itu, UMKM juga menjadi solusi untuk memperbaiki perekonomian di Indonesia.

Pemateri/dokpri
Pemateri/dokpri
Dusun Jarak Ijo memiliki satu brand usaha bernama "Kentang Kress" yang mana menggunakan umbi kentang sebagai bahan produksi utama. Usaha tersebut didirikan oleh Ibu Riati sejak September 2022 bersama beberapa rekannya. "Kentang Kress" ini memiliki peluang perkembangan yang cukup besar karena merupakan satu-satunya UMKM yang berada di Dusun Jarak Ijo dan belum memiliki pesaing. Akan tetapi, lokasi yang cukup sulit dijangkau oleh konsumen karena berada di daerah pegunungan menjadi salah satu alasan usaha ini belum bisa berkembang luas. Selain itu, teknik promosi yang digunakan juga belum menyentuh media sosial secara profesional.

Penyuluhan pengembangan UMKM/dokpri
Penyuluhan pengembangan UMKM/dokpri
Dalam rangka membantu memberikan edukasi mengenai pemanfaatan media sosial sebagai media promosi, 3 mahasiswa perwakilan KKM 150 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan penyuluhan untuk para ibu yang berkecimpung dalam usaha "Kentang Kress". Penyuluhan yang berlangsung pada Senin 16 Januari 2023 tersebut terdiri dari dua tema, yaitu "Pemasaran UMKM" dan "Pengembangan Marketing Melalui Medsos & Marketplace". Tema pertama membahas mengenai ciri khas produk, pangsa pasar, menentukan lokasi, melakukan promosi, pesaing, dan kontrol kualitas. Sedangkan tema kedua fokus terhadap pembahasan media sosial dan TikTok. Kami berharap program penyuluhan ini dapat bermanfaat serta memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan usaha "Kentang Kress" di Dusun Jarak Ijo, Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone