Mohon tunggu...
Zulfi Alfara
Zulfi Alfara Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mencoba untuk menulis hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Seni

Tari Nusantara Meriahkan Acara Penutupan KKM 150 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

24 Januari 2023   21:52 Diperbarui: 24 Januari 2023   22:11 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Telah hampir purna 35 hari -terhitung dari tanggal 19 Desember 2022 sampai 22 Januari 2023- kegiatan KKM 150 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Desa Ngadas, tepatnya di Dusun Jarak Ijo. Alhamdulillah, program kerja yang telah diajukan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu meskipun ada beberapa yang belum rampung karena terhalang faktor eksternal. Di antara program kerja yang telah terlaksana adalah mengajar di sekolah dari sektor pendidikan, mengajar di TPQ dari sektor keagamaan, penyuluhan UMKM dari sektor ekonomi, dan kegiatan Posyandu dari sektor kesehatan. Rasa terima kasih yang begitu dalam kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan KKM 150 di Desa Ngadas ini. Semoga, apapun yang telah kami dedikasikan -walaupun tidak banyak- dapat memberikan manfaat yang besar dan berkelanjutan.

Kelompok KKM 150
Kelompok KKM 150

Pada hari Kamis 19 Januari 2023, kami mengadakan acara perpisahan bersama warga Dusun Jarak Ijo untuk menutup kegiatan KKM. Acara penutupan KKM diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjut pembacaan ayat suci Al-Qur'an, sambutan-sambutan, pemberian cenderamata kepada beberapa lembaga terkait, penampilan tari Wonderland Indonesia dan tari Rampak oleh adik-adik PAUD Semeru Putra, penampilan tari Nusantara dan lagu Indonesia Jaya oleh adik-adik SDN 2 Ngadas, pemberian hadiah kepada pemenang dari lomba yang sebelumnya telah diselenggarakan di sekolah dan TPQ, closing ceremony dari ketua KKM 150, dan terakhir adalah dokumentasi bersama. Alhamdulillah, acara penutupan KKM sekaligus perpisahan ini berlangsung dengan baik serta mendapatkan antusias yang luar biasa dari seluruh tamu undangan.

Tari Wonderland Indonesia
Tari Wonderland Indonesia

Bahagia dan terharu, dua perasaan itulah yang mendominasi suasana hati kami dalam acara perpisahan tersebut. Di satu sisi, bahagia karena telah diberi kesempatan untuk menyelesaikan tuntutan akademik dengan baik. Di sisi yang lain, terharu karena harus meninggalkan tempat yang penuh dengan kenangan dan pengalaman baru. Ucapan maaf dan terima kasih saling bersahutan dibalut dengan mengalirnya air mata yang tidak dapat terbendung. Ketulusan dan kehangatan warga Dusun Jarak Ijo dalam menyambut dan menerima kehadiran program KKM ini menjadikan kami merasa sangat dihargai dan disegani. Kami berharap dari dusun ini akan tercetak generasi-generasi yang penuh dengan ilmu sehingga dapat menjadi cahaya di pelosok-pelosok Indonesia.

Foto bersama warga Dusun Jarak Ijo
Foto bersama warga Dusun Jarak Ijo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone